Menanam Dan Budidaya Bunga Globe Amaranth

Bunga yang satu ini mungkin terdengar asing bagi Anda, namun jika sudah melihat dari bentuknya maka Anda akan segera tahu bahwa bunga ini sering Anda lihat atau bahkan Anda sudah pernah menanamnya. Globe amaranth memiliki bunga yang berwarna ungu tua dengan tangkai bunga yang cukup panjang dan termasuk bunga rumpun. Bunga ini sangat cantik bila dijadikan penghias rumah, baik dalam pot atau pekarangan rumah. Selain itu bunga ini sangat mudah sekali diperbanyak karena penanaman dan perawatannya cukup mudah. Bila Anda ingin segera menanamnya, tidak ada salahnya Anda baca uraian cara dibawah ini:

Pembibitan

Pembibitan globe amaranth dilakukan dengan cara pemisahan rumpun bibit. Caranya cukup sederhana, hanya dengan memilih dan memisahkan beberapa rumpun bibit dari rumpun indukan. Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai merusak akar dan batang. Setelah itu bibit sudah bisa ditanam langsung di media tanam atau diletakkan dahulu di tempat lembab dan basah.

Penanaman

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat media tanam dengan mencampurkan tanah biasa dengan pupuk kandang/kompos (1:1). Kemudian tanam bibit yang sudah didapat tadi dalam media tanam. Pastikan seluruh akarnya tertimbun dengan baik sampai pangkal batangnya. Beri tekanan untuk memadatkan tanah disekitarnya agar tanaman kuat dan tidak roboh. Berikan siraman agar bibit tumbuh baik.

Perawatan

Dalam perawatan bunga yang satu ini, Anda hanya perlu melakukan penyraman jika diperlukan saja, sebab tanaman ini dapat bertahan dalam kondisi sedikit ekstrim. Selanjutnya jangan lupa berikan pupuk sebagai nutrisi kesuburan tanah setidaknya 2 bulan sekali.

Tinggalkan komentar