Menanam Dan Budidaya Bunga Kitolod

Bunga kitolod, mungkin namanya sangat aneh, namun dibalik nama yang aneh tersebut tersimpan keunikan tersendiri. Ya, bunga ini sekilas memang tidak ada yang istimewa. Bunganya berwarna putih dan mempunyai lima mahkota bunga. Sedangkan daunnya berbentuk memanjang dan bertepi bergerigi. Namun dibalik semua kesederhanaan itu terkandung suatu obat. Getah dari bunga kitolod bisa digunakan sebagai obat mata, baik katarak, minus, maupun glaukoma. Nah, bermanfaat sekali bukan? Segera saja baca panduan penanamannya seperti dibawah ini:

Pembibitan

Pembibitan kitolod bisa dilakukan dengan pemisahan tunas rumpun bibit dari rumpun indukan yang rimbun. Pastikan Anda memilih tunas yang tumbuh baik dan memisahkannya dari rumpun indukannya dengan hati-hati. Kemudian setelah terpisah maka bibit itu bisa segera langsung ditanam di media tanam dan tempat yang dikehendaki.

Penanaman

Buat dahulu media tanam yang akan digunakan sebagai media tanam bunga kitolod. Buat dari campuran tanah dengan pupuk kandang/kompos (1:1) lalu campur sampai merata. Kemudian selanjutnya bibit ditanam di media tanam tadi. Timbun dengan baik dan berikan sedikit tekanan agar disekitar pangkal bibit agar kuat dan tidak roboh. lakukan penyiraman secara rutin yang bertujuan agar bibit tumbuh baik.

Perawatan

Perawatan dilakukan dengan memberikan penyiraman dan pemupukan saja. Berikan penyiraman secara berkala, bisa 5-7 hari sekali saja. Selanjutnya berikan pupuk berkala, setidaknya 3 bulan sekali saja sudah baik.

Tinggalkan komentar