Menanam Dan Budidaya Bunga Kuping Gajah

Jika Anda mendengar kata kuping gajah tentu analoginya adalah lebar, besar, dan melambai-lambai. Begitupun juga dengan bunga kuping gajah. Bunga ini berupa bunga daun yang masih berupa bunga rumpun yang juga bisatumbuh rapat dan besar. Itulah kenapa bunga ini dinamai bunga kuping gajah. Jika dilihat dari perawatannya juga penanamannya cukup sederhana. Jadi mengapa Anda berpikir panjang jika memang sudah ada niat untuk menanamnya. Nah, untuk teknis panduannya sebaiknya Anda baca uraian dibawah ini:

Pembibitan

Cara pembibitan bunga kuping gajah adalah dengan cara pemisahan rumpun yang dilakukan menggunakan pisau tajam. Hati-hati, jangan sampai merusak bagian akar, batang, dan daunnya. Setelah itu simpan terlebih dahulu bibit pada tempat lembab dan basah sebelum ditanam.

Penanaman

Jika bibit sudah siap maka selanjutnya buat media tanam berupa campuran dari tanah dan pupuk kandang/kompos (1:1). Selanjutnya tanam bibit dalam media tanam dengan hati-hati. Padatkan tanah disekitarnya supaya bibit tidak roboh. Siram agar biit segar dan dapat tumbuh baik.

Perawatan

Seperti kebanyakan bunga, perawatannya juga hanya sebatas penyiraman secara berkala secukupnya. Lakukan penyiangan bila diperlukan saja. Jangan lupa berikan pupuk berupa pupuk kandang/pupuk kompos secukupnya paling tidak 1-1,5 bulan sekali.

Tinggalkan komentar