Menanam Dan Budidaya Bunga Lantana

Siapa yang tak pernah melihat dan mengenal penampakan bunga cantik yang satu ini. Bunga lantana, atau ada yang menyebutnya bunga lantana camara. Bunga ini cukup unik, bentuk bunganya tersusun dari bunga-bunga kecilyang tumbuh merumpun dalam satu ujung batang. Warna bunganya juga sangat cantik, ada yang berwarna merah, ungu, merah muda, putih kuning, dll. Tanaman ini sangat mudah dijumpai di kawasan pegunungan, sebab tanaman ini termasuk dalam tanaman semak. Nah, jika Anda menginginkan sebuah panduan tata cara penanamannya, maka silahkan simak panduan berikut ini:

Pembibitan

Pembibitan bunga lantana bisa dilakukan dengan biji atau pemisahan rumpun akar. Caranya cukup dengan menanam biji yang sudah matang dan tua di pohon saja tanpa harus disemai terlebih dahulu. Namun jika ingin cara yang cukup cepat, maka Anda bisa menanamnya dengan pemisahan rumpun bibit dari indukan. Pastikan agar pemisahan tidak merusak akar dan batangnya.

Penanaman

Setelah bibit diperoleh maka langsung saja siapkan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang/kompos (1:1). Setelah semuanya sudah siap maka bibit bisa ditanam pada media tanam. Pastikan penanaman dilakukan dengan baik dan secara hati-hati. Timbun kembali dan padatkan agar bibit tidak mudah roboh.

Perawatan

Berikan penyiiraman secara berkala terutama saat tanaman terlihat aakan kering atau layu. Tidak perlu memberikan siraman air setiap hari karena tanaman ini cukup tinggi tingkat adaptasinya terhadap kekeringan. Berikan juga pupuk agar tanaman bisa tumbuh baik dan subur. Pemberian dilakukan setiap 2,5 bulan sekali

Tinggalkan komentar