Menanam Dan Budidaya Bunga Mangkokan (Polyscias balfouriana)

Jangan bilang kalau Anda belum pernah melihat bunga ini. Bunga mangkokan (Polyscias balfourina) merupakan bunga daun yang bentuk daunnya menyekung menyerupai mangkok. Bunga ini sangat populer ditanam di pekarangan rumah sebagai pagar hidup yang bernilai artistik. Memang benar jika memilih bunga ini sebagai pagar cantik, sebab bunga ini adalah bunga berpohon kayu namaun tidak terlalu besar, sehingga tidak menggangu pemandangan sekitar rumah. Bunga ini juga tergolong bunga yang mudah tumbuh dengan adaptasi terhadap tanah yang baik. Nah, jika Anda berniat untuk menanamnya, berikut adalah panduan menanamnya:

Pembibitan

Karena tanaman ini tanaman berbatang kayu, maka pembibitannya bisa dilakukan dengan stek batang atau cangkok. Pilih batang tanaman yang sudah berkayu baik. Usahakan ambil bagian tengahnya, jangan yang pangkal atau pucuk. Kerat dan buang kulit serta lendirnya. Bungkus dengan tanah yang di ikat oleh plastik. Rawat adan siram sampai tumbuh akar dengan baik. Pangkas jika sudah tumbuh akar yang lebat. Lalu tanam pada media tanam yang sudah disiapkan.

Penanaman

Untuk media tanam sendiri dibuat dari olahan tanah dan pupuk kandang/kompos (1:1).Tanam bibit dengan arah tegak ke atas pada media tanam tadi. Penanaman sebaiknya sedalam 10-20 cm supaya akarnya nanti dapat tumbuh kuat menahan berat tanaman. Selanjutnya berikan siraman air untuk menjaga kelembaban tanah dan menghindari layu.

Perawatan

Bunga mangkokan dapat bertahan dalam kondisi kering, jadi lakukan penyiraman saat tanaman dirasa sudah memerlukan air saja. Lakukan juga pemupukan sambil melakukan penyiangan dan perampalan pada batang dan daun bunga mangkokan setiap 1,5-2 bulan sekali.

Tinggalkan komentar