Menanam Dan Budidaya Bunga Marigold

Bunga marigold, bunga yang sekilas terlihat mirip dengan bunga kenikir. Namun bila Anda lebih jeli dan melihatnya secara dekat, maka bunga ini jauh berbeda. Bunga marigold berbentuk bundar berwarna kuning dengan kelopak yang berwarna merah mengarah kebawah. Selain itu bunga ini cukup digemari kupu-kupu karena mempunyai bunga dengan nektar yang cukup banyak. Tidak hanya itu saja, bunga ini bahkan mempunyai bunga tiap tangkai batangnya, dan jika berbunga bersamaan maka seluruh tumbuhan akan tertutup bunga marigold. Berikut adalah panduan penanamannya secara lengkapnya:

Pembibitan

Pembibitan bunga marigold adalah melalui biji. Pertama-tama ambil biji bunga tua yang kering dipohon. Bisa juga mengambil yang hampir kering dan dikeringkan di terik matahari. Setelah itu simpan beberapa minggu, lalu selanjutnya bisa langsung sebar di media tanam tanpa harus disemai terlebih dulu.

Penanaman

Pertama-tama buat media tanam dengan mencampurkan tanah dan pupuk kandang/kompos yang sudah diayak halus (1:1) terlebih dahulu. Kemudian sebarkan benih pada media tanam dan tutup kembali dengan lapisan tipis media tanam agar tunas cepat tumbuh. Selanjutnya siram dan rawat dengan baik terutama saat awal masa tanamnya.

Perawatan

Lakukan penyiraman secara berkala, usahakan pemberian disesuaikan dengan kondisi cuacanya. Selanjutnya lakukan pemupukan secara berkala sebanyak yang perlu diberikan saja. Berikan setiap 2,5-3 bulan sekali.

Tinggalkan komentar