Menanam Dan Budidaya Bunga Zephyranthes

Sudah pernah dengar bunga zephyranthes? Bunga ini sangat terdengar asing namun sebenarnya cukup populer dan sering kita lihat. Bunganya mempunyai enam kelopak dengan warna ungu atau pink. Bunga ini juga mempunyai daun yang kecil memanjang. Tanaman ini sering ditanam di pekarangan atau pot-pot bunga di teras rumah. Pada dasarnya, bunga ini sangat baik tumbuh di daerah tropis baik di tanah berhumus tiggi maupun sedang sehingga Anda bisa menanamnya di rumah Anda. Tidak perlu ragu untuk cara tanam dan perawatannya, sangat mudah. Lalu tunggu apa lagi, silahkan baca panduan panduan berikut ini dan mulailah menanamnya:

Pembibitan

Pembibitan bunga ini dilakukan dengan perbanyakan umbi. Caranya pisahkan umbi dari rumpun indukan yang akan digunakan sebagai bibit. Ambil dengan hati-hati jangan sampai merusak umbi anakan yang akan ditanam. Kemudian bibit umbi yang tadi bisa langsung ditanam atau disimpan di tempat lembab sebelum ditanam.

Penanaman

Pertama-tama siapkan media tanam dengan mencampur tanah gembur dengan pupuk kandang/kompos (1:1). Tanam umbi bibit dan pastikan umbi tertimbun dengan baik. Siram secara rutin pada masa tumbuh awal agar cepat tumbuh.

Perawatan

Perawatan yang dilakukan cukup dengan menyiraminya saat terlihat layu saja. Selebihnya berikan pupuk secara berkala setidaknya 2 bulan sekali. Pupuk bisa diberikan dengan disebar atau disiram.

Tinggalkan komentar