Menanam Dan Budidaya Kopi

Siapa yang tidak kenal dengan kopi, Anda juga pasti kenal bukan? Kopi adalah salah satu jenis tanaman yang menghasilkan biji-bijian yang dimanfaatkan sebagai bahan minuman. Kopi sering diidentikkan dengan minuman pemulih semangat, pasalnya setelah meminum kopi maka badan kita serasa segar dan kantuk juga hilang. Selain itu kopi juga sudah lekat dengan gaya hidup. Di jaman sekarang ini kopi tidak hanya digemari oleh orang tua saja, bahkan kopi juga populer di kalangan anak muda. Maka muncullah berbagai macam racikan kopi untuk memuaskan dahaga penikmat dan pecinta kopi, mulai dari latte, cappucino, espresso, kopi jos, dll. Hal inilah yang menunjukkan bahwa kopi sangat isa diandalkan sebagai usaha yang menjanjikan untuk ditekuni. Jika Anda berniat menekuninya, berikut adalah panduannya:

Persiapan Lahan

Pertama-tama sebarkan pupuk kandang matang/kompos sebanyak 25-50 kgpada lahan yang akan ditanami kopi, diamkan 1-2 minggu. Setelah itu buatlah lubang tanam berukuran 60 x 60 dengan jarak tanam 2,5 × 2,5 m kurang lebih 2 bulan sebelum tanam.

Pembibitan

Selanjutnya siapkan biji yang berkualitas sebagai benih yang unggul. Siapkan tanah persemaian dengan tebal 5 cm. Buat pelindung dari paranet agar terhindar dari kotoran dan selanjutnya siram bibit secara rutin. Setelah masa semai 1 bulan pindah bibit dengan hati-hati agar akar tidak rusak.

Penanaman

Masukkan bibit pada lubang tanam. Tambahkan pupuk kandang/kompos kedalam lubang setelah itu tutup dengan tanah. Sebaiknya penanaman dilakukan di musim hujan sehingga tingkat kelembaban tanah bisa mendukung pertumbuhan bibit. Lakukan penyulaman jika ada tanaman yang mati atau tidak tumbuh normal.

Perawatanan

Lakukan pemupukan secara berkala sejak umur 2-12 bulan, dilakukan setiap 2 bulan sekali. Jangan lupa pantau kondisi tanaman dan lakukan pemangkasan rutin setelah masa panen agar bentuk pertumbuhan semakin baik, mengurangi cabang wiwilan, mengurangi penguapan, dan mempercepat proses pembungaan. Rawat tanaman dengan baik dan hindarkan dari serangan hama dan penyakit. Bila sudah terlanjur terkena serangan hama dan penyakit maka berikan pestisida dan obat yang sesuaia dengan dosis.

Pemanenan

Kopi sudah bisa dipanen setelah masuk umur 2,5 tahun. Petik biji kopi yang kulit buahnya sudah berwarna merah. Lakukan penyortiran setelah biji hasil panenan terkumpul. Setelah itu jemur dibawah terik matahari. Lakukan pemrosesan biji kopi maksimal 20 jam setelah panen.

Tinggalkan komentar