Menanam Kaktus

Kaktus merupakan tanaman hias yang tergolong mudah tumbuh dan perawatannya juga sangat mudah. Tanaman ini memang dikenal sebagai tanaman gurun, tidak heran jika tanaman ini mempunyai daya tahan terhadap lingkungan ekstrim yang baik. Kaktus awalnya tumbuh di daerah gurun di wilayah bagian barat dunia kemudian menyebar ke seluruh dunia. Kaktus punya banyak macam dan jenis, mulai dari kaktus yang dapat tumbuh dengan tinggi melebih tinggi manusia dewasa sampai yang kerdil seukuran jempol kaki, kaktus yang hanya berduri sampai kaktus yang dapat berbunga indah. Karena jenis yang unik inilah, kaktus mulai dilirik sebagai tanaman penghias rumah. Nah, Anda bisa mencoba menanamnya baik di pekarangan rumah maupun pot/polybag. Beikut adalah cara menanam kaktus selengkapnya:

Pembibitan

Bibit kaktus bisa didapatkan dengan cara membeli di toko bunga atau menganmbil dari batang induk. Pilihlah bibit yang baik tanpa ada cacat fisik dengan ciri-ciri kaktus sehat, duri-durinya sempurna dan tidak ada yang patah, batangnya tidak memar, dan arah tumbuhnya tegak lurus dan seimbang dengan usia minimal 3 bulan.

Persiapan Tanam

Buatlah media tanam dari arang sekam, tanah berpasir, dan kompos/pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Siapkan pot yang sesuai dengan jenis kaktus, jika kaktus berbentuk membulat maka pilihlah pot berukuran 5-10 cm, sedangkan untuk kaktus yang tinggi maka sediakan pot dengan tinggi 1/2 dari tinggi kaktus. Pastikan pot menggunakan sistem drainase yang baik agar tanaman tidak busuk.

Perawatan

Siramlah kaktus setalah 1 minggu setelah masa tanam. Lakukan penggantian pot dan media tanam secara berkala tiap setahun sekali. Perlu diketahui, ada dua jenis kaktus,yakni kaktus yang suka sinar matahari dan yang suka gelap. Sesuaikan peletakan tanaman sesuai jenis kaktus yang ditanam. Jangan langsung menjemur kaktus di bawah sinar matahari setelah masa tanam di minggu pertama. Selanjutnya pindah secara berkala ke tempat yang terang jika ingin diletakkan di dalam rumah.

Tinggalkan komentar