Menara Saidah, Gedung Mewah yang Jadi ‘Istana Jin’

MENARA SAIDAH – Beberapa tahun terakhir, banyak beredar cerita mistis mengenai gedung mewah yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Menara Saidah merupakan gedung mewah yang berdiri kokoh di antara perkantoran paling elit di Jakarta. Namun, hal yang kontras justru muncul mengenai gedung mewah ini. Berbagai kisah mistis merebak dikalangan masyarakat sekitar.

Semua perusahaan yang menyewa kantor di gedung ini angkat kaki. Hingga pada tahun 2007, gedung ini resmi ditutup. Sejak itulah gedung ini bertransformasi dari gedung megah dengan arsitektur Romawi menjadi gedung yang sering disebut-sebut sebagai ‘Istana Jin’.

Banyak sekali cerita mistis di menara saidah ini yang di alami oleh karyawan dan juga orang yang sedang meliput di menara saidah.  Lalu apa saja cerita mistis yang ada di Menara Saidah? Berikut beberapa pengakuan dari orang yang pernah melihatnya.

 

Api dan Obor yang Sering Berkeliaran

http://i.ytimg.com/
http://i.ytimg.com/

Beberapa orang mengungkapkan bahwa mereka sering melihat obor atau bola api berjalan di dalam gedung tersebut. Salah satu orang yang melihat adalah seorang karyawan yang bekerja di sekitar Jalan Gatot Subroto. Tempat tinggal karyawan tersebut tidak jauh dari gedung menyeramkan tersebut.

Pada saat dia ingin pergi ke toilet, dia tidak sengaja menoleh ke arah gedung tersebut, tiba-tiba ada semacam obor berjalan di salah satu lantai tertinggi Gedung Saidah.

Cerita lainnya dari seorang karyawan engineering. Saat itu dia sedang lembur untuk memperbaiki jalur transportasi di sepanjang Jalan gatot Subroto. Saat waktu istirahat, dia duduk-duduk di halte yang terletak di seberang Gedung Saidah.

Ketika pandangannya mengarah ke gedung tersebut, dia melihat semacam gumpalan api yang sedang berjalan dari lantai satu ke lantai lainnya hingga hilang di puncak gedung, hal itu langsung membuat si karyawan engineering ini menjadi merinding dan ketakutan.

Kuntilanak Merah Bermuka Rata

http://media.viva.co.id/
http://media.viva.co.id/

Makhluk halus yang paling terkenal dan sering dilihat oleh orang adalah kuntilanak. Beberapa rang menyatakan bahwa kuntilanak tersebut memiliki muka rata. Ada pula yang menyatakan bahwa kuntilanak tersebut sudah tua. Namun, yang jelas semua orang dengan kompak menyatakan bahwa kuntilanak tersebut berwarna merah da sering muncul di lantai tiga.

Menurut keterangan satpam yang saat itu bekerja di Menara Saidah, kuntilanak ini memang makhluk halus yang paling sering muncul. Konon, sebelum di bangun, lokasi tersebut merupakan kompleks pemakaman, jadi wajar saja jika banyak makhluk halus yang menampakan dirinya.

Satu Per Satu Penyewa Hengkang Hingga Gedung Kosong

http://2.bp.blogspot.com/
http://2.bp.blogspot.com/

Lokasi yang sangat stragtegis ditambah dengan bangunan yang mewah tentu membuat banyak perusahaan tergiur untuk dapat menyewa di gedung tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, satu per satu perusahaan yang menyewa gedung tersebut miniggalkannya. Banyak alasan yang melatrbelakangi mereka hengkang dari gedung tersebut.

Ada yang menyatakan bahwa harga sewa gedung tersebut terlalu mahal. Ada uga yang menyatakan bahwa bangunan gedung tersebut agak miring, sehingga dapat membahayakan para karyawannya dan sewaktu-waktu bisa ambruk.

Hal tersebut diperkuat dengan tidak bersedianya pemilik menyerahkan gambar struktur bangunan. Hingga pada akhirnya gedung tersebut kosong tanpa satupun yang bersedia menghuni dan tidak terawat, sehingga sekarang di huni oleh makhluk astral.

Kelelawar Penghuni Puncak Menara

http://www.halloweenmart.com/
http://www.halloweenmart.com/

Menurut keterangan beberapa orang, terdapat sosok kelelawar besar menghuni Menara Saidah. Salah satu orang menceritakan bahwa dia pernah melihat sebuah kelelawar besar dengan wajah setengah manusia bertengger di puncak menara.

Sementara seorang saksi berikutnya juga menyatakan bahwa pernah melihat sosok kelelawar di atas tulisan Menara Saidah. Menurutnya, kelelawar tersebut memiliki bentuk setengah manusia dan mempunyai ukurang yang sangat besar, sehingga saat melihatnya akan di buat kaget.

Baca Juga: Film Hantu Terseram di Dunia

Lift Angker

www.al-lifts.co.uk
www.al-lifts.co.uk

Selain kisah kuntilanak, kisah lift angker yang ada di Menara Saidah juga sangat populer. Banyak orang yang percaya bahwa lokasi yang paling menyeramkan di Menara Saidah adalah lift. Mereka percaya bahwa banyak hantu yang menghuni lift ini. Hal tersebutlah yang menjadikan lift ini berjalan sangat lambat.

 

Jadi Tempat Wisata Uji Nyali

http://boombastis.com/
http://boombastis.com/

Akibat banyaknya cerita mistis mengenai Menara Saidah ini, maka banyak orang yang tertantang untuk melakukan uji nyali di gedung ini. Ada kelompok pemuda yang sepakat untuk melakukan uji nyali di gedung ini. Mereka berkumpul dan melakukan ekspedisi ke Menara Saidah. Dan, ternyata benar saja. Mereka melihat berbagai keanehan yang ada di Menara Saidah.

Banyak pemuda yang sok berani menjadi kapok karena melakukan uji nyali ini, mereka benar-benar melihat makhluk ghaib yang ada di menara saidah.

Kisah Seorang Kameramen di Menara Saidah

 Kisah kameramen di menara saidah
senyumkebaikan.blogspot.co.id

Ada kisah seorang kameramen dari channel hotspot the mystery yang bercerita mengenai liputannya di menara saidah pada tahun 2012 silam.

Jadi  pada awalnya orang tersebut bersama teman-temannya datang ke kantor saidah berenam karena akan ada liputan di menara saidah , kemudian mereka meminta izin dengan penjaganya. Kata penjaga tersebut tidak papa tetapi penjaga itu tidak bisa mengantar jauh-jauh, paling cuma di di lantai dasar sama di basement saja. Kebetulan teman kameramen tersebut yang sekaligus menjadi host di acara the mystery memang mempunyai indigo.

Singkat cerita mereka masuk lewat pintu belakang, penerangan yang ada di jalanan cukup terang, akan tetapi gedung saidah sendiri sangat minim penerangan, hanya terdapat lampu neon yang terpasang di bekas pos penjaganya, sisanya gelap gulita, hanya ada semburat lampu dari jalan gatot subroto saja.

dari awal mereka masuk, teman yang indigo tadi bilang memang ada banyak sekali mahluk gaib yang berkeliaran disana. Penerangan kami di dalam gedung menggunakan lampu untuk kamera, semacam led box, jadi sedikit terang. Tujuan awal kami memang langsung menuju basement menara saidah. Dan kebetulan mereka tidak tahu kalau tempat terparah di menara saidah adalah basement.

Di B1 mereka turun lewat jalur mobil. di sana mereka masih menemukan cahaya samar-samar dari jalanan. menurut nya B1 ini tidak terlalu seram, karena masih banyak anak muda yang berkeliaran di sini.

Kemudian mereka lanjut kebawah dengan menuruni tangga menuju B2, di tempat ini sudah mulai terasa hawa gaib nya meneurut teman kameramen yang mempunyai indigo, di awal turun udara yang ada pada B2 sudah mulai berubah, udara berupah menjadi pengap dan seperti tipis, di ruangan B2 sudah mulai suntuk, dan di ruangan tersebut mempunyai bau seperti rumah kayu tua atau bisa dibilang bau gudang.

Kemudian mereka semakin berjalan jauh kedalam ruangan B2, ke arah turunan jalur mobil. Di dalam ruangan ini terdapat ruang tunggu driver atau security, kemudian toilet dan juga lift. Disinilah tempat yang seram, karena baik yang astral ataupun yang bersifat fisik bisa kita rasakan diruangan ini. Memang dari tadi teman mereka yang indigo mengatakan bahwa disini banyak makhluk ghaibnya, seolah-olah basement ini memang seperti berkumpulnya mahluk ghaib yang datang dari beberapa wilayah, semacam kerajaan ghaib.

Kemudian lanjut ke toilet, disini teman mereka yang indigo melihat penampakan seperti nenek-nenk dan wanita yang menunggu di setiap bilik toilet tersebut. yang lumayan seram adalah  saat di lift. Pintu lift tersebut terbuka sangat lebar, tetapi hanya kelihatan rantai untuk angkat / turunin liftnya saja, jadi terlihat menjunta. Dan kameramen tersebut melihat bahwa rantai itu bergoyang-goyang sendiri secara teratur, seperti ada yang mengayunkan rantai tersebut. di tengah basement yang udaranya menipis, teman indigo tadi melihat semacam jin yang sedang duduk di ruangan tersebut.

Ada yang Memanggil di Basemen

menara-saidah
WallpaperSafari.com

Ada kemungkinan pada seluruh sudut ruangan dan lantai di menara saidah yang jumlahnya sekitar 3o lantai itu sudah dihuni oleh keberadaan makhluk-makhluk yang berasal dari dunia lain. Berbagai jenis hantu yang mendiami bangunan gedung yang telah lama tidak dihuni, karena bangunan yang dibiarkan kosong ini itermasuk tempat nyaman untuk para hantu tinggali.

Apabila kamu pernah dengan sengaja melakukan uji nyali di gedung tersebut maka akan di rasakan aura-aura mistis yang sangat kuat yang akan melecutkan keberanianmu untuk menapaki setiap lantai yang ada di Menara tersebut.

Termasuk juga bagian Basemantnya yang tidak luput dari sentuhan makhluk-makhluk lain untuk dapat mendiami lantai yang berada paling bawah tersebut. Konon katanya menurut cerita yang dituturkan oleh salah satu penjaga yang sudah lama menjaga gedung tersebut pada waktu menjelang malam hari selalu merasakan perasaan yang tidak enak dari gedung tersebut tercium bau aroma kembang melati yang biasa menjadi pertanda bahwa adanya kehadiran makhluk astral yang ada di sekitar Basemant itu.

Selain itu juga terdapat raungan raungan suara dari hewan jenis harimau yang sangat aneh untuk ditemui pada sebuah gedung tua. Mungkin para makhluk itu sengaja menampakan diri agar tidak ada orang yang mengganggu ketenangan pada bangunan yang telah nyaman mereka tinggali.

Semakin malam akan semakin menyeramkan dimana para makhluk itu semakin aktip menampakan diriinya, pada salah satu sudut yang ada di Basemant setiap malamnya selalu terdengar suara wanita yang memanggil manggil namun ketika salah satu penjaga yang bertugas untuk berkeliling memastikan keamanan dari gedung tersebut tidak menemui seorangpun dari tempat dimana suara itu bermula.

Lampu yang Menyala

menara-saidah
Coolinterestingnews.com

Kejadian yang sering ditemui oleh orang tinggal berada tepat di daerah dekat gedung tersebut selalu menemukan keanehan yang dapat dilihat dari luar menara tersebut. Hal ini memanglah wajar karena bangunan tersebut adalah bangunan tua yang sudah lama tidak ditinggali oleh orang.

Orang yang ada di sekitar bangunan tersebut berkata setiap malamya akan ditemui beberapa keanehan yang akan terjadi. Dari mulai suara suara aneh, terdapat beberapa penampakan dari berbagai jenis hantu yang mucul pada setiap lantai dari gedung tersebut.

Yang jelas terjadi dan sering terlihat adalah adanya lampu lampu yang menyala pada setiap ruangan yang ada pada bagian atau lantai gedung tersebut.

Ini  aneh karena sudah kita ketahui bahwa gedung ini sudah sejak lama tidak ditinggali oleh manusia dan aliran listrik untuk menerangi banguna tersebut sudah diputus. Lalu? darimana asal muasal lampu lampu tersebut ? kenapa kok bisa sampai menyala, tidak lain dan tidak bukan ini merupakan ulah para makhluk yang menjadi penghuni dunia lain yang sedang bermain main dan mencoba untuk menjelaskan bahwa kehadiran mereka pada Menara Saidah itu memanglah nyata adanya.

Bukan cuma itu saja dari lampu lampu yang saling bergantian menyala itu didapati sesosok makhluk dengan memakai baju serba putih yang melintas antara ruangan yang menyala tersebut setelah sosok itu melintas maka dengan sendirinya lampu yang ada di ruangan tersebut dengan seketika mati kembali hihihi..

Adanya berbagai macam kejadian kejadian aneh yang terjadi pada gedung tersbut menjadikannya sebagai salah satu  tempat yang menyeramkan yang ada di Ibu kota Jakarta. Namun bagi mereka yang mempunyai nyali yang tinggi hal ini menjadi sebuah tantangan untuk dapat melihat dan merasakan secara langsung hal hal mistis yang ada pada setiap sudut lantai yang ada di Menara Saidah.

Hantu Wanita Berbaju Merah di Lantai 3

menara-saidah
kobayogas.com

Penampakan hantu ini biasanya didahului dengan penampakan cahaya di lantai 3 yang awalnya gelap karena memang gedung ini sudah tidak dialiri listrik sejak ditutup pada tahun 2007. Setelah cahaya muncul, si hantu berbaju merah akan menampakkan dirinya.

Warga yang melintas gedung ini pernah melihat penampakan hantu ini yang sedang berdiri di balik jendela lantai 3, kejadian tersebut berlangsung saat maghrib. Dua orang karyawan yang sedang makan di restoran yang terletak di seberang menara ini juga melihat cahaya dari lantai 3 disusul oleh penampakan hantu wanita berbaju merah.

Seolah tak hanya ingin dikenal sebagai penguasa lantai 3 gedung ini, si hantu wanita berbaju merah juga kerap terlihat di berbagai area gedung. Seorang satpam yang pernah bekerja di Menara Saidah membenarkan hal tersebut. Hampir tiap kali dia patroli selalu melihat hantu wanita berbaju merah ini sedang mengelilingi gedung. Salah seorang warga yang tinggal di sekitar gedung juga melihat penampakan hantu ini di area parkir. Sontak dia berlari ketakutan meninggalkan area gedung.

Banyak warga lain yang juga melihat penampakan salah satu hantu paling terkenal di Menara Saidah ini. Karena memang lokasi sekitar gedung ini merupakan area yang ramai terdiri dari banyak gedung-gedung perkantoran, restoran, sekolah dan rumah penduduk.

Penampakan biasanya terjadi setelah magrib sampai menjelang pagi. Namun suasana seram, singup dan mencekam di gedung ini tetap terasa, meskipun masih siang hari.

Konstruksi Menara Saidah Miring

menara-saidah
www.youtube.com

Sejak ditutup pada tahun 2007, banyak kabar yang beredar mengatakan bahwa Menara Saidah ditutup karena konstruksi gedungnya buruk. Buruknya konstruksi menyebabkan Menara Saidah Miring. Hal ini tentu berbahaya. Oleh sebab itu banyak perusahaan yang sempat menyewa tempat di gedung ini akhirnya memutuskan hengkang.

Menurut salah seorang pekerja yang turut membangun gedung ini. Kesalahan konstruksi terjadi pada prosses Soil & Boring Investigationnya. Yaitu pondasi gedung menancap pada tanah yang memiliki perbedaan sifat.

Beberapa pondasi lebih ambles karena tertancap di tanah yang lebih lunak, dibandingkan pondasi lainnya. Sehingga posisi antar pondasi tidak sejajar. Hal ini yang menyebabkan gedung menjadi miring. Kesalahan konstruksi Menara Saidah mirip dengan Menara Pisa di Italia yang terkenal.

Sayangnya, jika Menara Pisa terkenal sebagai tempat wisata yang indah, Menara Saidah justru terkenal sebagai tempat wisata mistis karena keangkerannya sudah tersebar luas.

Pendapat berbeda dikemukanan seorang pakar Water Technology dari ITB (Institut Teknologi Bandung) bernama Mohajit. Beliau mengatakan bahwa miringnya Menara Saida karena permukaan air tanah di Jakarta mengalami penurunan.

Mohajit mengingatkan bahwa hal ini juga bisa menimpa gedung-gedung di area lain maupun kota lain jika tidak ada perubahan pada sistem pengelolaan pencegahan banjir.

Tidak semua mendukung pendapat yang mengatakan Menara Saidah ini miring. Salah satunya adalah Direktur Hutama Karya yang berperan sebagai kontraktor pembangunan gedung ini.

Beliau meyakini bahwa Menara Saidah tidak miring. Menurutnya jika bangunan piring pasti akan menyebabkan lift tidak berfungsi dengan baik dan juga kaca pasti akan ada yang pecah. Sedangkan menurutnya hal tersebut tidak terjadi pada gedung ini.

Seolah menyanggah pendapat Direktur Hutama Karya, banyak pendapat yang menyebutkan bahwa salah satu alasan Menara Saidah ditinggal oleh para perusahaan penyewanya adalah karena liftnya berjalan sangat lambat meski sudah diperbaiki berkali. Apakah lambatnya lift ada sangkut pautnya dengan kemiringan gedung yang melebihi batas toleransi pembangunan?

Misteri ini belum terjawab, karena sampai sekarang pihak pengembang tidak pernah bersedia menyerahkan blue print pembangunan Menara Saidah.

Lantai 14

menara-saidah
ilustrasi gambar (Pixabay.com)

Banyak sekali beredar cerita mistis tentang lantai 14 Menara Saidah. Mungkin anda sudah membaca berbagai kisah horor yang menyelimuti gedung ini, Namun kisah mengenai lantai 14 Menara Saidah merupakan salah satu kisah yang populer.

Ceritanya ada dua satpam yang sedang berjaga malam pada waktu itu. Tiba-tiba saja ada seorang wanita tidak dikenal yang datang dan berniat ingin menuju ke lantai 14 untuk menemui saudaranya. Walaupun sang wanita terlihat pucat dan diam, namun kedua satpam tersebut tak merasa aneh.

Lalu salah seorang satpam itu menemani wanita tersebut untuk menemui saudaranya dan dengan segera mereka naik lift secara bersama untuk menuju ke lantai 14. Sudah sejak lama jika lift di menara Saidah berjalan dengan sangat lambat, dikabarkan lambatnya lift ini berjalan gara-gara banyak makhluk halus yang menungguinya sehingga menyebabkan lift menjadi lebih berat.

Ketika sang satpam bersama wanita tadi hendak ingin menuju ke lantai 14, tiba-tiba ketika sampai di lantai 11  pintu lift langsung terbuka dengan sendirinya. Pada saat itu tidak ada orang yang masuk ataupun keluar. Kemudian si satpam tidak terlalu memperdulikannya karena kejadian tersebut sering terjadi.

Lalu Lift tersebut berjalan lagi sampai ke lantai 14 dan betapa kagetnya ketika sudah sampai di lantai 14 sang satpam baru menyadari bahwa wanita tersebut sudah tidak bersamanya lagi. Padahal jelas-jelas sang wanita itu tidak keluar saat lantai 11.

Pada kondisi yang mungkin berbeda salah seorang satpam yang pada saat itu sedang berada di lantai 14 Menara Saidah, juga mendengar suara ketikan dari salah satu meja kerja.  Namun, pada saat di lihat secara seksama, tidak ada satu orang pun yang sedang bekerja pada malam itu.

Kemudian satpam tersebut gugup dan panik, tanpa pikir panjang satpam tersebut lari melewati tangga darurat dan ketika ia melihat penampakan sesosok makhluk halus di tangga darurat itu akhirnya ia jatuh pingsan

Bekas Kuburan

menara-saidah
http://www.zona1000.com

Menara Saidah sudah sejak lama dikenal sebagai tempat yang angker. Hal ini dikarenakan sejarah masa lalu sebelum Menara Saidah akan dibangun. Menara Saidah dibangun selama 3 tahun yakni sejak tahun 1995 hingga tahun 1998. Sejak pada saat itu, Menara Saidah mulai ramai dihuni oleh perusahaan-perusahaan ternama.

Akan tetapi, lambat laun perusahaan-perusahaan itu mulai meninggalkan Menara Saidah mulai tahun 2007. Sejak saat itulah Menara Saidah dibiarkan saja dan tidak berpenghuni sampai sekarang. Pada saat menara saidah tidak berpenghuni, cerita-cerita horor pun mulai bermunculan.

Salah satunya mengenai sejarah sebelum Menara Saidah akan dibangun. Salah satu warga sekitar Menara Saidah yang sering disapa Amed mulai menceritakan bahwa Menara Saidah dibangun tidak di atas tanah biasa. Amed mengatakan, dulunya sebelum Menara Saidah akan dibangun kawasan tersebut merupakan tanah kuburan.

Amed mengatakan, pada bangunan Menara Saidah memang sedikit berbeda. “Karena, Menara Saidah dibangun langsung di atas tanah kuburan. Jasad yang sudah lama di kuburan tersebut tidak dipindahin dahulu dan mereka langsung membangun gedung tersebut.

Tinggalkan komentar