Mencegah Dehidrasi

Tubuh tidak akan mampu hidup tanpa air. Sebab, sebagian besar tubuh Anda merupakan air. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Untuk itu, cobalah mengikuti beberapa cara berikut agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

1. Sediakan Segelas Air di Dekat Tempat Tidur Setiap Hari.

Sebaiknya, Anda minum air putih sebelum atau sesudah tidur. Satu gelas sudah cukup. Mengapa? Karena pada saat tidur, tubuh akan mengalami penurunan jumlah air melalui proses bernafas dan pengaturab suhu tubuh. Bau mulut yang Anda alami saat bangun tidur merupakan tanda bahwa mulut dan tenggorokan kering.

2. Hitung Berapa Gelas Air yang Sudah Anda Minum Hari Ini.

Hal ini akan bermanfaat bagi Anda sebagai pengingat diri bahwa tubuh belum cukup mendapat air. Hitung berapa gelas yang sudah Anda minum sehari semalam. Upayakan agar air yang Anda minum tidak kurang dari 8 gelas.

3. Pahami Sinyal Haus Pada Diri Anda.

Jika Anda ingin makan lagi padahal sudah banyak makan, artinya Anda sedang haus. Tenggorokan mulai kering dan bau mulut juga merupakan sinyal tubuh yang menunjukkan bahwa tubuh Anda sedang kekurangan air.

4. Konsumsi Makanan Kaya Air

Mungkin Anda merasa minum air putih itu membosankan. Atasi hal ini dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Semangka, pir, melon, dan jeruk adalah buah yang kaya air. Anda juga dapat membuat jus atau infused water dengan buah-buahan yang Anda punya. Agar lebih berkhasiat, tambahkan madu ke dalam jus buah Anda.

Semakin bertambahnya usia, Anda juga butuh banyak air untuk tetap segar dan menjaga kinerja organ tubuh. Oleh karena itu, jangan sepelekan kebutuhan tubuh Anda terhadap air.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar