Mencegah Gigi Berlubang

Ada ungkapan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebaiknya, Anda juga melakukan tindak pencegahan terhadap sakit gigi. Sakit gigi dapat disebabkan oleh gigi berlubang. Selain rasa sakitnya, gigi berlubang juga memicu bau mulut tak sedap. Berikut adalah beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah gigi berlubang.

1. Gosok Gigi Setelah Makan

Menggosok gigi setelah makan berguna untuk membersihkan gigi dari kuman yang diakibatkan oleh sisa makanan yang menempel di gigi. Namun, sebaiknya Anda tidak langsung menggosok gigi setelah makan makanan asam, karena justru akan membuat gigi mudah keropos. Tunggulah setengah jam sebelum menggosok gigi saat makan makanan asam.

2. Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Buang jauh rasa malas Anda untuk menggosok gigi. Gosoklah gigi Anda minimal dua kali sehari yaitu saat bangun dan sebelum tidur. Akan sangat baik jika Anda juga menggosok gigi setelah makan, seperti poin satu di atas.

3. Menggunakan Benang Gigi

Benang gigi atau dental floss akan menghilangkan partikel kecil yang tersangkut di celah-celah gigi. Itulah mengapa penggunaan benang gigi sangat penting untuk mencegah gigi berlubang, terutama pada bagian-bagian tak terlihat di antara celah-celah gigi. Biasanya makanan yang tersangkut pada tempat tersebut akan menyebabkan kerusakan pada dua gigi sekaligus.

4. Makanan Sehat

Konsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi. Gigi yang kuat juga membutuhkan nutrisi seperti kalsium. Jadi jangan hanya menggosok gigi, tetapi juga penuhi kebutuhan nutrisinya.

5. Jauhi Makanan yang Menempel

Hindari konsumsi makanan yang berpotensi menempel pada gigi seperti permen karamel dan lainnya. Makanan semacam ini dapat menyebabkan kerusakan besar pada gigi serta membuat gigi cepat berlubang.

6. Kunjungi Dokter Secara Teratur

Ingatlah untuk selalu periksa gigi ke dokter secara teratur. Dokter gigi mampu menemukan lubang kecil yang bisa jadi tak terlihat ketika Anda menggosok gigi.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar