Mencegah Gigi Geripis pada Anak

Ternyata, tidak hanya orang dewasa saja yang giginya bisa rusak, anak kecil pun ternyata bisa mengalami kerusakan pada gigi. Fenomena yang pastinya sering kita lihat adalah gigi geripis pada anak. Apakah gigi geripis berbahaya? Lalu apa dampaknya pada anak?

Gigi geripis, jika didiamkan begitu saja tentunya berbahaya dan bisa menyebabkan rasa sakit bila disertai dengan gigi berlubang. Gigi geripis ini pun bisa menghambat pertumbuhan gigi pada anak dan membuat struktur gigi permanen anak yang akan tumbuh menjadi berantakan.

Oleh karena itu, sebagai orang tua kita perlu mencegah gigi geripis pada anak, kasihan kan kalau pada akhirnya struktur gigi anak kita berantakan? Kalau giginya berantakan, resiko giginya rusak saat dewasa menjadi sangat besar, karena gigi yang berantakan sulit untuk dibersihkan secara sempurna.

Lalu, sebagai orang tua, apa yang bisa dilakukan untuk mencegah gigi geripis? Supaya kita bisa langsung mempraktekkannya kepada anak kita, langsung saja kita lihat caranya berikut ini yuk!

Membersihkan Gigi Secara Teratur

pondokibu.com

Cara pertama yang mau tidak mau harus dilakukan adalah mengajak anak kita untuk membersihkan gigi secara teratur, minimal dua hari sekali. Namun yang perlu juga kita tekankan kepada anak, supaya ia terbiasa untuk membersihkan giginya sebelum tidur.

Kenapa gigi perlu di bersihkan sebelum tidur? Ketika tidur, bakteri akan tumbuh dan berkembang lebih cepat jika masih ada sisa makanan di dalam mulut. Dan bakteri inilah yang akan menggerogoti gigi, hingga gigi menjadi geripis atau pun bolong.

Menjaga Agar Tingkat Keasaman Gigi Optimal

bagilagi.com

Supaya gigi kita dan gigi anak terlindung dari bakteri-bakteri yang bisa merusak gigi, maka kita perlu menjaga tingkat keasaman gigi yang optimal. Bagaimana caranya membuat tingkat keasaman gigi optimal? Caranya bisa dengan menyeimbankan konsumsi buah dan sayur pada anak. Jadi jangan biarkan anak kita tidak memakan buah dan sayur ya!

Bagaimana kalau anak kita memang tidak suka buah dan sayur serta selalu menolak jika diminta untuk memakan buah dan sayur? Jika anak kita ada yang seperti ini, maka kita bisa ubah gaya kita mengenalkan buah dan sayur kepada mereka, misalnya saja menjadikan buah dan sayur menjadi tokoh dalam cerita dongeng yang diceritakan sebelum tidur.

Jika anak sudah tahu fungsi dari buah dan sayur ini, lalu anak tergerak hatinya dengan mendengarkan dongen, maka anak akan lebih mudah untuk makan buah dan sayur. Tapi cara ini perlu kita lakukan secara perlahan dan memerlukan kesabaran yang tinggi.

Kurangi Mengonsumsi Makanan Manis

resepbanget.com

Jika selama ini kita biarkan begitu saja makanan manis dimakan oleh anak, maka mulai saat ini sebaiknya kita batasi pada jam-jam tertentu saja. Selain itu, kita pun perlu mengingatkan kepada anak untuk membersihkan gigi mereka setelah memakan makanan manis, misalnya dengan berkumur atau pun sikat gigi.

Hindari Pasta Gigi Berfluoride

id.aliexpress.com

Salah satu cara menjaga kesehatan gigi anak adalah dengan menjaga agar email gigi yang berfungsi sebagai pelindung tidak rusak. Dan penyebab rusaknya email gigi ini apabila anak menggunakan pasta gigi yang berfluoride. Ternyata jenis pasta gigi pun memengaruhi kesehatan gigi ya? Oleh karena itu, pilihlah pasta gigi yang terbaik.

Memeriksa Kesehatan Gigi 6 Bulan Sekali

petiteelle.asia

Cara terakhir yang bisa kita lakukan adalah dengan memeriksakan gigi anak ke dokter 6 bulan sekali. Selain dokter akanĀ  memeriksa dan menangani gigi yang bolong, nasehat dokter pun biasanya lebih didengar oleh anak dibandingkan nasehat dari orang tua untuk membersihkan gigi secara teratur dan nasehat lainnya seputar gigi.

Tinggalkan komentar