Mencegah Osteoporosis

Seiring bertambahnya usia, seseorang akan semakin rentan terhadap penyakit pengeroposan tulang atau osteoporosis. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai macam hal. Di antaranya adalah kekurangan kalsium, obesitas, dankurangnya olahraga.

Cara mencegah osteoporosis

Cara termudah untuk mencegah osteoporosis adalah dengan menjadi aktif dan tetap bugar. Untuk aktif dan tetap bugar, berikut cara-caranya.

1. Anda perlu mengontrol berat badan

Osteoporosis dekat dengan obesitas alias kelebihan berat badan. Sebaiknya Anda mengontrol berat badan agar tetap normal agar tulang tidak mengalami terlalu banyak tekanan yang mengakibatkan pengeroposan tulang.

2. Tulang Anda butuh kalsium, maka penuhilah kebutuhannya

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kekurangan kalsium dapat menyebabkan osteoporosis. Anda dapat memenuhi kebutuhan kalsium dengan mengkonsumsi susu, produk susu, bayam, brokoli, dan makanan laut.

3. Ketika nyeri tulang mendera, jangan abaikan!

Terjadinya osteoporosis ketika kepadatan tulang berkurang. Kondisi ini membuat tulang menjadi hancur. Jika tulang hancur, akan menimbulkan nyeri tulang pada tubuh dan bahkan kelainan bentuk. Oleh sebab itu, apabila Anda merasakan sesuatu yang aneh pada tulang seperti terasa nyeri, segera periksakan ke dokter.

4. Ingat, mengontrol berat badan tidak berarti melakukan diet ekstrim

Obesitas memang berpengaruh pada osteoporosis. Namun, tidak sebaiknya Anda serta merta menurunkan berat badan dengan diet ekstrim. Anda justru akan memperburuk kondisi tubuh anda karena tubuh kehilangan nutrisi yang penting bagi tubuh, salah satunya adalah kalsium.

5. Berbagai manfaat kesehatan Anda dapatkan dari Olahraga

Lakukan olahraga rutin untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Tulang yang jarang diajak bergerak justru akan membuatnya tidak sehat, layaknya pisau yang tidak diasah akan menjadi tumpul.

7. Tubuh Anda juga butuh vitamin D maka penuhi kebutuhannya

Tubuh tidak dapat memproses kalsium jika tidak mendapat vitamin D,. Oleh karena itu penuhilah kebutuhan vitamin D dengan mengkonsumsi suplemen. Anda juga dapat berjemur di bawah sinar matahari beberapa menit setiap pagi hari.

Itulah beberapa cara mencegah terjadinya osteoporosis. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar