Mencegah Penyakit-Penyakit Akibat Gigitan Nyamuk

Musim Hujan sebentar lagi tiba. Anda perlu waspada dengan ancaman nyamuk. Demam berdarah dan malaria adalah sebagian kecil penyakit yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Awasi bak mandi Anda, siapa tahu jentik-jentik nyamuk asyik berenang di sana. Bak mandi merupakan penampungan air yang tidak tertutup, sehingga nyamuk menjadikannya sebagai tempat tinggal.

Cara Mencegah Penyakit-Penyakit Akibat Gigitan Nyamuk

Untuk mencegah penyakit demam berdarah, malaria, dan berbagai penyakit akibat gigitan nyamuk sebaiknya dimulai dengan memberantas jentik nyamuk di bak mandi. Berikut cara-caranya.

1. Jangan malas menguras bak mandi

Saat hari libur, lakukan pengurasan bak mandi. Sikat sampai bersih dinding-dinding bak mandi ketika melakukan pengurasan agar telur-telur nyamuk yang menempel di dinding tersebut tersapu habis. Sebaiknya kuras bak mandi Anda seminggu dua kali. Namun, jika tidak memungkinkan cukup lakukan pengurasan secara rutin seminggu sekali.

2. Usir jentik nyamuk dengan memelihara ikan cupang

Sekali dayung dua pulau terlampaui jika Anda memelihara ikan cupang. Selain hari Anda akan menjadi lebih seru, memelihara ikan cupang juga dapat mengusir jentik nyamuk. Ikan cupang sangat menyukai jentik nyamuk. Kemampuan ikan ini dalam menghabiskan jentik nyamuk sangat cepat. Sebaiknya, pelihara satu ekor saja agar air dalam bak mandi tidak berubah amis.

3. Bahan-bahan alam juga dapat mengatasi masalah jentik nyamuk Anda

Ada tiga bahan alam yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan jentik nyamuk. Daun sirih dan daun jeruk nipis dapat Anda manfaatkan sebagai bahan pembasmi jentik nyamuk.

Daun sirih mengandung senyawa antiseptik yang dapat membasmi jentik-jentik nyamuk. Untuk itu, siapkan beberapa lembar daun sirih lalu iris tipis-tipis. Taburkan begitu saja irisan daun sirih ke dalam bak mandi untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk di sana. Sebagai alternatifnya.

Daun jeruk nipis memiliki aroma yang segar. Aroma ini membuat kamar mandi bebas dari bau tak sedap sehingga nyamuk enggan datang. Cara penggunaannya tidak jauh berbeda dengan daun sirih. Iris tipis-tipis daun jeruk nipis lalu taburkan ke bak mandi.

4. Ingin praktis?! Gunakan produk antiseptik modern

Tahun 2014, sudah banyak produk antiseptik yang dijual bebas di pasaran. Produk-produk ini dapat Anda gunakan untuk menjaga kebersihan air di bak mandi. Produk ini terbukti ampuh karena sudah melalui serangkaian ujicoba klinis.

Semoga informasi ini bermanfaat.

2 pemikiran pada “Mencegah Penyakit-Penyakit Akibat Gigitan Nyamuk”

Tinggalkan komentar