Mencegah Tumbuhnya Uban

Tahukah Anda, munculnya uban tidak hanya dipengaruhi oleh usia yang semakin tua, tetapi juga karena kekurangan beberapa zat gizi. Rambut akan kehilangan warnanya dan berubah menjadi abu-abu ketika produksi hormon yang mengatur warna rambut menurun atau berhenti.

Hormon rambut dipengaruhi oleh vitamin B12 , B9, E, C, zat besi, dan asam lemak. Jika Anda kekurangan zat-zat tersebut maka produksi sel darah merah dan melanin akan berkurang. Melanin bertanggung jawab dalam ‘mewarnai’ rambut. Tubuh Anda dapat meningkatkan produksi melanin dengan mengkonsumsi makanan-makanan berikut ini.

1. Coklat

Coklat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk mencegah timbulnya uban di rambut. Zat-zat yang terkandung dalam coklat dapat meningkatkan produksi melanin. Sebaiknya pilih jenis dark chocolate murni untuk hasil yang maksimal serta tidak menambahkan banyak kalori pada tubuh Anda.

2. Buah Berry

Stroberi, raspberry, blueberry, amla, dan gooseberry adalah beberapa jenis buah berry yang kaya akan vitamin dan mineral. Buah-buahan ini juga mengandung banyak antioksidan yang mencegah pertumbuhan uban pada rambut. Pada umumnya amla dan gooseberry lah yang sering digunakan dalam berbagai produk perawatan rambut.

Ikan Salmon

Salmon mengandung selenium yang juga membantu produksi aneka hormon di dalam tubuh. Kandungan proteinnya yang cukup tinggi juga efektif untuk mencegah tumbuhnya uban. Sebaiknya, Anda tidak alpa memasukkan ikan salmon dalam menu makan Anda.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar