Menenangkan Bayi yang Menangis

Pasangan suami istri yang baru saja memiliki anak biasanya akan kesulitan menenangkan bayinya yang menangis. Hal ini wajar karena keduanya masih minim pengalaman sehingga belum terbiasa dengan kondisi tersebut. Jika tidak pandai-pandai mengelola emosi, bayi akan semakin rewel, ayah bunda pun akan semakin repot. Lantas bagaimana cara menenangkannya? Berikut adalah cara-cara yang sebaiknya dilakukan agar bayi menghentikan tangisnya.

Cara Menghentikan Tangis Bayi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menenangkan diri sendiri terlebih dahulu. Bayi dapat merasakan aura kecemasan Anda. Selanjutnya, cara-cara praktis berikut ini dapat Anda terapkan untuk menghentikan tangis bayi.

1. Cek Popok

Meskipun popoknya baru saja Anda ganti, cobalah cek kembali. Apa lagi bila bayi menggunakan popok kain. Bayi memang sering pipis, sehingga rajin-rajinlah mengecek popoknya basah atau tidak.

2. Mungkin bayi lapar, coba berikan ASI

Tangisan bayi dapat berarti banyak hal karena ia belum mengerti bahasa. Saat ia menangis, cobalah menyusuinya. Letakkan bayi dalam posisi meringkuk-seperti dalam rahim-dengan perutnya menempel pada perut Anda. Kekuatan sentuhan, hembusan napas dan detak jantung ibu akan membuat bayi merasa aman dan nyaman.

3. Mungkin kulitnya gatal akibat gigitan nyamuk atau baju tak nyaman, periksa tubuhnya

Bisa jadi si kecil menangis karena digigit nyamuk. Jika ada benjolan di kulitnya, oleskan minyak kayu putih, minyak telon, atau bedak/lotion yang mengandung kalamin atau mentol. Bila perlu, ganti bajunya dengan baju yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat dan ukurannya pas.

4. Mungkin si kecil kepanasan atau kedinginan, perhatikan suhu kamar

Bila ruangan Anda menggunakan air conditioner (AC), suhu yang pas adalah 25-26 ÂșC. Pastikan di ruangan Anda tidak terlalu banyak perabotan dan sirkulasi udaranya baik. Berikan tambahan baju penghangat jika udara dingin, atau ajak si kecil ke tempat yang sejuk jika udara panas.

5. Gendong si kecil

Gendongan memberi efek yang menenangkan bagi bayi. Saat dalam gendongan, posisi bayi sangat rapat dengan dada ibu sehingga ia dapat mendengar detak jantung ibu yang sudah akrab sejak dalam kandungan. Anda dapat membisikkan kata-kata lembut agar dia cepat tenang. Usap perlahan punggungnya karena sentuhan seperti ini akan mengurangi rasa cemas dan memberikan perasaan nyaman padanya.

6. Tidak perlu malu dengan kualitas suara, bersenandunglah untuknya

Lagu apa pun yang Anda senandungkan akan terdengar merdu bagi bayi Anda. Senandung melodi berirama lembut akan membuatnya tenang dan aman.

7. Lelah bersenandung? Perdengarkan kaset padanya

Putar murottal Qur’an, lagu-lagu berirama lembut, atau suara alam seperti air mengalir dan angin mendesau. Suara-suara ini menciptakan atmosfer tenang pada bayi, pun dengan Anda.

8. Lakukan dansa bersama bayi

Peluk atau gendong bayi Anda lalu berdansalah. Saat berdansa, sensor-sensor vestibular yang terletak di belakang telinga Anda akan mengatur keseimbangan naik-turun, maju-mundur dan gerak ke samping kiri-kanan. Keseimbangan yang teratur ini akan membuat Anda dan bayi tenang dan nyaman.

9. Kisahkan cerita padanya

Bayi memang belum mengerti apa yang Anda ceritakan, namun ternyata dia bisa menikmati suara dan intonasi Anda saat membacakan cerita.

10. Lakukan pijatan

Pijat si kecil mulai dari kaki, tangan, hingga dada dan perut. Oleskan baby oil lalu usap tubuhnya dengan ringan dan lembut. Pijat bayi akan mengurangi kecemasan karena terjadi penurunan hormon adrenalin (hormon penyebab stres) dan melancarkan aliran darahnya.

11. Buatlah mimik lucu atau gelitik perlahan telapak kakinya

Bayi mungkin terkejut di awal. Selanjutnya, bayi akan tenang bahkan tertawa. Saat tertawa, tubuh bayi melepas hormon endorfin yang membuatnya rileks.

12. Buat kamarnya nyaman

Jauhkan si kecil dari lingkungan dapat mengganggu ketenangannya. Hindarkan ia dari suara bising seperti suara kendaraan lalu lalang. Jika mungkin, pilih kamar tidur yang tidak berdampingan langsung dengan jalan yang ramai atau ruang lain yang bising.

13. Segarnya mandi

Sama seperti orang dewasa, mandi juga membuat si kecil merasa segar. Teteskan minyak lavender pada bak mandinya. Aroma lavender memberi efek menenangkan dan menyejukkan.

14. Go on Stroller

Jika lelah menggendong, Anda dapat memanfaatkan stroller. Goyangan yang ditimbulkan stroller akan membuat bayi seperti diayun-ayun sehingga ia menjadi tenang kembali. Letakkan bayi di dalam stroller, lalu ajak ia berjalan-jalan di dalam atau di sekitar rumah.

15. Lakukan gerakan berulang atau ritmis

Ajak si kecil naik mobil atau keliling kompleks perumahan sekitar. Tidak usah terlalu lama, cukup setengah jam saja. Hal ini juga akan membuatnya tenang. Ingat, jangan lupa meletakkannya di car seat.

Bayi Anda masih menangis juga? Letakkan bayi di tempat tidurnya dan tinggalkan sejenak. Anda dapat menarik nafas sebentar untuk menghindari stress dan emosi. Terkadang bayi juga butuh waktu untuk dia sendiri. Jika sudah mengantuk dan capek bayi pun akan tidur dengan sendirinya.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar