Cara Ini Bisa Mengalihkan Anak-anak dari Ketergantungan Bermain Gadget

Saat ini, gadget sudah seperti barang wajib yang harus dimiliki oleh semua orang, mulai dari anak-anak yang masih berada di Sekolah Dasar hingga orang dewasa. Jika kamu tak memiliki smartphone atau gadget yang canggih, bisa-bisa kamu hidup dengan pergaulan yang dianggap kurang.

Apalagi untuk anak-anak yang notabenenya masih belum paham apa fungsi utama dari gadget itu. Memiliki gadget memang memiliki sisi baik dan negatifnya tersendiri. Mungkin gadget tersebut bisa dijadikan sebagai alat komunikasi yang lebih intens antara orangtua dan anak saat tak bersama. 

Akan tetapi, karena kurangnya arahan dan pantauan dari orangtua, maka tak jarang sisi negatif yang ditimbulkan dari gadget itu memberikan dampak yang buruk bagi buah hatimu. Sikapnya yang lebih senang untuk hidup sendiri bersama gadget-nya pun tak jarang membuatmu khawatir.

Lama-lama, anakmu bisa menjadi ketergantungan dengan smartphone yang dimilikinya lho. Kalau sudah begitu, anakmu akan sulit untuk lepas dari yang namanya gadget dikemudian hari. 

Nah, sebelum anakmu menjadi korban dari negatifnya si gadget itu, lebih baik kamu mengajak mereka untuk melakukan beberapa aktivitas berikut ini untuk mengalihkan kegemarannya pada gadget.

1

Ajak Anak untuk Bermain di Lingkungan Terbuka

oneatku.com

Mengajak anak untuk keluar dari rumah adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan. Gabungkan anakmu dengan beberapa teman di lingkungan sekitar rumah dan biarkan mereka bermain bersama. Melakukan permainan di tempat terbuka akan membuatnya lebih banyak bergerak.

Sehingga, secara tak langsung hal ini akan melatih kebugaran jasmani buah hatimu. Bergabung bersama teman-teman pun bisa mengalihkan keinginannya untuk bermain gadget dan berdiam diri di dalam rumah.

2

Membuat Prakarya Bersama

i1os.com

Supaya anakmu tidak terpaku pada gadget-nya saja, kamu harus memutar otak untuk mencari berbagai macam kegiatan yang akan menarik minta buah hatimu untuk turut bergabung. Sesekali, ajaklah mereka untuk membuat prakarya dari playdough atau pun barang bekas.

Tawarkan kepada mereka ingin membuat benda yang seperti apa, lalu, kamu harus mencerna keinginannya dan memfasilitasinya dengan baik. Hal ini pun dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dan kognitif anak lho.

3

Memainkan Permainan Fisik

playworld.com

Daripada hanya melihat anakmu bermain gadget saja, lebih baik ajak mereka untuk meningkatkan kemampuan fisik-motoriknya. Mengajaknya bermain lompat tali, engklek atau sunda manda, petak umpet dan mainan lainnya justru membuat anakmu bergerak.

Kamu harus rajin-rajin mengajak mereka untuk senang memainkan permainan yang lebih mengeluarkan tenaga daripada hanya terpaku dengan gadget-nya.

4

Mengembangkan Hobi Anak

www.famlii.com

Kamu sebagai orangtuanya pasti tau apa hobi dari anakmu. Mungkin saja ia senang berenang, mewarnai, bermain musik atau menari. Nah, buat saja anakmu melakukan segala hal yang ia senangi untuk mengalihkan perhatiannya pada gadget.

Jika ia senang untuk menggambar dan mewarnai, kamu hanya perlu menyiapkan sebuah buku gambar, alat tulis dan pewarna saja. Pokoknya, fasilitasi saja hobi yang ingin anakmu lakukan untuk mengembangkannya agar lebih baik.

5

Mendekatkan Diri ke Alam

www.hotel-berghof.com

Tak ada salahnya untuk mengajak anakmu berlibur menikmati hamparan alam yang luas ketika libur akhir pekan. Dengan mengajak anakmu pergi ke luar rumah, mereka bisa menemukan pengalaman yang baru di dunia luar.

Sehingga, ia bisa mengeksplor segala hal yang selama ini tidak diketahuinya. Jadi, ia tak akan terpaku lagi dengan gadget-nya setelah melihat indahnya alam yang terbentang luas dan begitu memesona.

Tinggalkan komentar