Mengatasi Bibir Kering dan Pecah

Bibir kering dan pecah dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa perih yang diakibatkan bibir kering dan pecah membuat Anda kesulitan saat berbicara. Ada banyak faktor penyebab bibir kering dan pecah. Salah satunya adalah dehidrasi. Jika ini yang terjadi pada, maka Anda harus mengganti cairan tubuh yang hilang dengan asupan air minum yang mengandung elektrolit, misalnya meminum air kelapa.

Faktor lainnya disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini:
Kebiasaan menjilat bibir dengan air liur.
Polusi udara dan debu dapat menyebabkan bibir kering.
Sering mengonsumsi makanan yang terlalu asam dan asin.
Perubahan suhu yang membuat bibir tidak dapat beradaptasi.
Kurang asupan buah dan sayuran.
Alergi terhadap kandungan dalam kosmetik seperti lipstik.
Kurang minum air putih sehingga tubuh kekurangan cairan.
Kebiasaan merokok, minum kopi dan alkohol.
Menggunakan pasta gigi yang mengandung banyak detergen.

Apabila hal tersebut di atas terjadi pada Anda penanganannya cukup mudah. Gunakanlah obat-obatan tradisional dengan bahan alami. Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat Anda coba.

1. Madu
Caranya, oleskan madu pada bibir yang kering tiga kali sehari secara rutin dan teratur. Beberapa ahli menyarankan untuk mencampurkan madu dengan gliserin, kemudian dioleskan pada bibir yang pecah-pecah. Namun harus dicatat, madu yang digunakan adalah madu murni yang tidak dicampur dengan bahan lain.

2. Mentimun
Caranya, gosokkan beberapa irisan mentimun pada bibir Anda sehingga bibir terhidrasi karena kandungan air yang cukup tinggi dari mentimun. Biarkan selama 20 menit, lalu cuci dengan air hangat.

3. Kelopak bunga mawar
Caranya, rendam kelopak mawar dalam susu selama beberapa jam. Setelah itu haluskan hingga menjadi adonan seperti pasta. Oleskan ramuan tersebut pada bibir Anda setiap malam sebelum tidur.

4. Minyak jarak
Caranya, oleskan minyak jarak pada bibir yang pecah-pecah secara teratur dua kali sehari. Anda juga bisa mencampurnya dengan gliserin dan air lemon untuk meraih hasil maksimal. Selain itu anda juga bisa mencoba menggunakan sikat gigi yang lembut untuk mengoleskannya pada bibir.

5. Gula
Caranya, campurkan satu sendok teh gula dengan satu sendok teh madu, lalu aduk rata hingga membentuk sebuah adonan pasta. Oleskan adonan tersebut pada bibir yang pecah-pecah atau kering. Oleskan pada bibir dan biarkan selama 5 menit. Setelah itu, gosok bibir secara lembut dengan jari Anda. Cara ini dapat mengelupaskan lapisan bibir yang kering.

Demikian beberapa cara alami untuk mengatasi bibir kering dan pecah. Agar Anda dan keluarga tidak mengalami bibir kering dan pecah sebaiknya, lakukan tindakan pencegahan dengan menghindari rokok dan alkohol. Serta jangan lupa penuhi asupan nutrisi harian dan rajinlah minum air putih, minimal 8 gelas sehari.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan komentar