Mengatasi Gigi Geripis Pada Anak

Pada pertumbuhan gigi permanen, gigi susu berperan penting sebagai pemandu gigi permanen untuk tumbuh sesuai posisinya pada lengkung rahang. Apabila gigi susu rusak (berlubang, kehitaman, atau mahkota gigi tersisa sedikit), dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi permanen-nya. Jika gigi susu yang rusak tidak mendapat perawatan yang baik, lama-lama akan lepas sebelum waktunya sehingga menyebabkan gigi permanen kehilangan pemandunya untuk tumbuh keluar gusi. Hal tersebut mengakibatkan gigi permanen tumbuh di luar lengkung rahang, gigi permanen terlihat miring atau bertumpuk.

Sebaiknya, Anda memandu anak untuk merawat giginya yang geripis. Bagaimana caranya. Berikut ulasannya.

Cara Mengatasi Gigi Geripis

Jika gigi susu anak Anda terlanjur geripis (mahkota gigi sisa sedikit dan kehitaman), sebaiknya hilangkan infeksi-nya lalu tutupnya dengan tambalan yang dapat merangsang pengembalian mineral gigi.

Setelah gigi geripis sudah ditambal, lakukan kebiasaan yang baik bagi kesehatan rongga mulut anak Anda, yaitu:

  1. Sikat gigi. Cara sikat gigi yang tepat adalah gerakan horizontal supaya lebih mudah ditiru anak. Agar anak tidak buru-buru dalam menyikat giginya, buatlah suasana menyikat gigi yang menyenangkan dan tidak monoton. Anda harus ikut membersihkan ulang gigi anak anda, agar pembersihan gigi lebih maksimal. Gunakan pula kain kasa yang dibasahi air matang, untuk membersihkan lidah anak Anda.
  2. Makan buah yang berserat dan sayuran hijau. Hal ini untuk merangsang aliran air ludah. Konsumsi pula air mineral yang banyak. Tujuannya agar lingkungan rongga mulut anak Anda selalu dalam tingkat keasaman yang optimal.
  3. Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis di antara waktu makan utama. Hal ini untuk mencegah terjadinya gigi berlubang.
  4. Apabila anak Anda memiliki kebiasaan minum susu (ngedot) sebelum tidur/sambil tidur, maka Anda harus memberikan air putih setelahnya. Lalu bersihkan gigi dan lidah anak Anda menggunakan kain kasa yang dibasahi air matang.
  5. Periksa rutin. Lakukan pemeriksaan seluruh gigi secara rutin. baik pula untuk melakukan pembersihan karang gigi.

Adapun gigi permanen yang tumbuhnya sudah miring, lakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter, baru dapat ditentukan perawatan apa yang tepat.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar