Mengatasi Gigitan Nyamuk Secara Alami

Musim hujan telah tiba. Nyamuk berkembang biak dengan pesat. Hati-hati, Anda terkena gigitan nyamuk! Gigitan nyamuk merupakan salah satu hal yang sangat mengganggu. Selain sakit, kulit juga menjadi gatal dan merah-merah. Jika terlalu berlebihan dalam menggaruk, dapat menimbulkan luka. Uraian berikut akan memberikan cara alternatif bagi Anda untuk meredakan gigitan nyamuk dan membuatnya tidak menyisakan bekas merah di kulit.

1. Kulit Pisang

Pada bagian dalam kulit pisang terdapat senyawa yang dapat menghilangkan racun dalam bekas gigitan, juga menenangkan kulit. Daripada menggaruk bekas gigitan nyamuk dan menyisakan bekas merah di kulit, sebaiknya gunakan kulit pisang. Oleskan saja pada bagian kulit yang digigit nyamuk.

2. Cuka Apel

Cuka apel diyakini dapat meredakan rasa gatal pada bekas gigitan nyamuk. Oleskan cuka apel pada bekas gigitan nyamuk. Cara lain, Anda dapat merendam bekas gigitan nyamuk dalam air yang diberi beberapa sendok makan cuka apel.

3. Lemon

Kandungan dalam buah leon dapat mengusir kuman dan racun bekas gigitan nyamuk. Sebelum mengaplikasikannya pada kulit yang terkena gigitan nyamuk, perasan dahulu lemon Anda. Cara lain, Anda dapat memarut kulit lemon. Hal ini akan mengatasi bekas gigitan nyamuk agar tidak semakin infeksi.

4. Baking Soda

Caranya, campur baking soda dengan air. Lalu rendam atau basuhkan bekas gigitan nyamuk di dalamnya selama beberapa saat. Teknik ini akan mengurangi rasa gatal dan nyeri bekas gigitan nyamuk.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya bermanfaat untuk menenangkan kulit serta menjaga kulit agar tetap sejuk. Gunakan lidah buaya untuk mengurangi peradangan, gatal dan kemerahan pada kulit. Sebelu menggunakannya, potong terlebih dahulu lidah buaya Anda lalu oleskan cairan di dalamnya.

6. Kantung Teh

Jika Anda suka minum teh dalam bentuk kantung, jangan buru-bur membuang kantungnya. Kantung teh basah yang sudah digunakan ternyata dapat mengurangi gatal dan mengeluarkan racun akibat gigitan nyamuk. Caranya, kompres kantung teh basah pada bagian yang terkena gigitan nyamuk. Hal ini akan meredakan panas dan gatal di kulit.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar