Mengatasi Heatstroke

Heatstroke merupakan kondisi yang terjadi jika suhu tubuh mencapai 40°C atau lebih. Penyebabnya adalah kenaikan suhu lingkungan, atau aktivitas tinggi yang dapat meningkatkan suhu tubuh. Gejala serangan heat store ditandai dengan mual, kejang, kebingungan, disorientasi, dan kadang-kadang kehilangan kesadaran atau koma. Cuaca panas yang akhir-akhir ini semakin ganas, siapapun rawan terserang heatstroke. Terutama Anda yang bekerja di lapangan. Untuk mengatasi heatstroke, Anda dapat mengikuti beberapa cara di bawah ini.

1. Cooling Break

Bagi Anda yang beraktivitas di lapangan terbuka seperti sawah atau lapangan sepak bola, setidaknya lakukan istirahat 5 menit tiap satu jam. Pada saat istirahat, Anda dapat minum air atau menyiramkan air ke atas kepala. Cooling break dilakukan agar kebutuhan cairan tubuh yang hilang dapat dipenuhi kembali. Selain itu dengan cooling break, suhu tubuh yang terlalu tinggi akan kembali normal.

2. Kompres Kepala

Selain minum air dan menyiramkan air ke kepala, suhu tubuh dapat diturunkan dengan cara mengompresnya menggunakan air dingin. Jika heatstroke menyerang Anda, kompres kepala dengan handuk basah dingin, seperti halnya mengompres anak yang demam itu. Dengan demikian, panas akan berpindah ke handuk basah tersebut.

2. Minum Sport Drink

Sebelum beraktivitas, penuhi kebutuhan air dan ion tubuh Anda. Hal dapat Anda peroleh dari minuman sport drink. Selain air, sport drink juga berisi ion dan karbo yang dapat mengganti keringat sekaligus mengisi tenaga lagi.

3. Baju Cerah dan Topi

Ternyata, baju berwarna cerah dapat mengurangi risiko terserang heatstroke. Alasannya, pantulan baju berwarna cerah terhadap sinar matahari lebih kuat daripada baju berwarna gelap. Selain itu, topi berpinggiran lebar juga dapat membantu menghalangi sinar matahari menyentuh kulit. Anda juga dapat menambah perlindungan tubuh dengan menggunakan krim anti sinar matahari ketika beraktivitas di luar ruangan.

4. Semprotkan air ke seluruh tubuh

Untuk mengatasi heatstroke, dapat dilakukan dengan menyemprotkan air sedikit-sedikit kepada korban. Apabila Anda tidak memiliki masalah pernapasan dan memiliki peredaran darah yang normal, bukalah baju Anda lalu semprotkan air sedikit-sedikit ke seluruh tubuh.

5. Infus

Jika heatstroke tak kunjung sembuh, sebaiknya segera hubungi nomor gawat darurat atau ambulans. Para petugas kesehatan akan memeriksa keadaan korban, dan jika dibutuhkan akan diberi infus. Selain menurunkan suhu tubuh, infus juga berguna untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang sangat mungkin dehidrasi akibat kepasanan.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar