Mengatasi Infeksi Tenggorokan Secara Alami

Infeksi tenggorokan tentu tidak nyaman dan menyakitkan. Jika tidak segera diatasi, infeksi tenggorokan dapat berlangsung berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Sebaiknya, segera obati infeksi tenggorokan selagi masih tahap awal.

Tidak seperti radang tenggorokan yang disebabkan virus, infeksi tenggorokan disebabkan oleh bakteri (Strep) – terutama oleh bakteri Group A Streptococcus. Infeksi tenggorokan ditandai dengan kemerahan dan bercak putih pada amandel, demam atau sakit kepala, dan terkadang ruam. Umumnya mual, sakit perut, dan muntah juga terjadi, terutama pada anak.

Infeksi tenggorokan juga menyebabkan bengkaknya kelenjar getah bening. Kelenjar kecil berbentuk seperti biji ini bertindak sebagai penjaga terhadap zat atau benda asing yang hendak memasuki tubuh, sekaligus berperan penting sebagai bagian dalam sistem kekebalan tubuh.

Untuk mengobati infeksi tenggorokan, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami. Berikut daftarnya.

1. Teh Daun Raspberry

Teh daun raspberry diyakini dapat mengatasi infeksi tenggorokan. Teh ini dapat digunakan untuk berkumur atau diminum. Caranya, letakkan dua sendok teh daun raspberry kering dalam cangkir, kemudian tuang air panas di dalamnya. Aduk dan biarkan hingga minuman menjadi hangat.

2. Teh Daun Sage

Tanaman herbal yang ini juga baik untuk kesehatan tenggorokan. Cukup campurkan satu sendok teh daun sage dengan air hangat. Diamkan sejenak, lalu minum teh daun sage.

3. Kunyit

Kunyit juga dipercaya mampu mengatasi infeksi tenggorokan. Caranya, campur air dengan 1/2 sdt kunyit dan 1/2 sdt garam, lalu panaskan dan biarkan sejenak. Gunakan air campuran tersebut untuk berkumur di pagi hari.

4. Berkumur Air Garam

Cara ini sangat baik untuk tenggorokan yang terkena infeksi jika dilakukan secara teratur. Caranya, didihkan air. Tambahkan sejumput garam pada air yang sudah mendidih lalu aduk. Diamkan sejenak hingga air menjadi hangat. Berkumurlah dengan air garam tersebut.

5. Teh jahe

Teh jahe juga diyakini sangat baik untuk kesehatan tenggorokan. Minum teh jahe dapat membersihkan tenggorokan dan meredakan infeksi tenggorokan dengan cepat.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar