Mengatasi Jerawat Batu

Berbeda dari jerawat biasa, jerawat batu memiliki bentuk yang besar dan dapat menyebabkan peradangan. Jika tidak diatasi dengan baik maka akan bisa menimbulkan bekas di wajah. Jenis jerawat seperti ini biasanya dipengaruhi oleh faktor genetik dan tingkat stress. Ketidakseimbangan hormon, obat-obatan tertentu, stres, diet juga dapat menyebabkan jerawat batu, termasuk juga penggunaan kosmetik berminyak dan berbahan dasar minyak, penggunaan pembersih yang berlebihan, polusi dan debu. Bagaimana cara menyembuhkannya? Di bawah ini akan diberikan beberapa cara mengatasinya.

Beberapa solusi alami dapat membantu mengobati dan menyembuhkan jerawat batu. Bahannya mudah Anda dapatkan, cara membuatnya juga tidak sulit sehingga Anda dapat melakukannya di rumah. Perawatan jerawat batu di rumah dapat membantu mengurangi peradangan, menenangkan daerah yang terkena dan mencegah perkembangan jerawat lebih lanjut.

1. Menggunakan Baking Soda
Campur ½ sdt baking soda dengan air untuk membuat pasta tebal. Terapkan ini ke daerah yang terkena dan biarkan selama sekitar 15 menit. Bilas dengan air dingin. Hal ini membantu menghilangkan kelebihan minyak dari daerah tersebut dan mencegah jerawat lebih lanjut. Atau Anda dapat mencampur ½ sdt baking soda dengan sedikit garam laut dan air untuk membuat pasta tebal. Oleskan campuran ini ke daerah yang berjerawat.

2. Menggunakan Kentang
Buatlah jus kentang dengan mengiris kentang mentah menjadi setengah. Gosok jus pada daerah yang berjerawat. Biarkan selama setengah jam dan bilas dengan air hangat. Kentang mengandung alkali yang dapat membantu memecah minyak yang tersumbat di pori-pori kulit.

3. Menggunakan Telur
Terapkan putih telur yang telah dicampur dengan beberapa tetes madu pada daerah yang berjerawat. Putih telur dapat mengurangi jerawat dan juga menenangkan daerah yang sakit akibat jerawat.

4. Menggunakan Madu dan Kunyit
Oleskan campuran madu dan kunyit bersama dengan beberapa air jeruk nipis. Cara ini baik untuk mengobati jerawat batu dewasa. Hal ini membantu mengurangi peradangan dan juga memiliki efek menenangkan pada kulit.

Demikian beberapa langkah sederhana untuk mengatasi jerawat batu. Jerawat batu harus diobati sesegera mungkin untuk menghindari masalah kulit dan infeksi lebih lanjut. Dengan rajin merawat kesehatan kulit muka Anda, maka jerawat batu tidak akan datang lagi.

Tinggalkan komentar