Mengatasi Kadar Gula Tinggi

Gula yang rasanya manis itu memang enak dikonsumsi. Usai mengkonsumsi gula, biasanya pikiran terasa lebih tenang dan santai. Itulah sebabnya makanan manis seperti permen, kue, cake, dan kukis digemari banyak orang.

Akan tetapi, pengkonsumsian gula yang terlalu banyak dapat membahayakan kesehatan tubuh. Ancaman penyakit seperti diabetes akan mengintai Anda bila Anda tidak mengontrol asupan gula. Berikut adalah cara agar kadar gula Anda tidak terlalu tinggi.

Cara Mengontrol Kadar Gula yang Masuk Ke Dalam Tubuh

Sebaiknya, kontrol asupan gula yang masuk ke dalam tubuh Anda, agar tidak menimbulkan kecanduan gula.

1. Singkirkan Semua Makanan Manis di Dapur

Sebab, bila masih ada makanan manis di dapur Anda, maka Anda akan tergoda untuk mengkonsumsinya.

2. Makan Tepat Waktu

Pola makan yang teratur akan menghindarkan Anda dari kecanduan gula. Konsumsilah makanan yang mencakup protein, serat, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat untuk menjaga keseimbangan gula darah Anda.

3. Gunakan Pemanis Alami

Bila ingin menambahkan pemanis dalam makanan, pilihlah pemanis sehat seperti madu. Hal ini lebih baik untuk kesehatan Anda.

4. Olahraga

Olahraga teratur, terkena paparan cahaya secara alami, serta tidur teratur dapat menghilangkan kecanduan gula.

5. Konsumsi Camilan Sehat

Bisa jadi perilaku konsumsi gula yang berlebihan asalnya dari rasa lapar yang tidak terkontrol. Untuk itu, selalu sediakan camilan sehat di sela waktu makan Anda.

Cara Menurunkan Kadar Gula yang Tinggi Dalam Tubuh

Bila kadar gula Anda sudah terlanjur tinggi, lakukan hal-hal berikut untuk menurunkannya.

1. Tidak Melewatkan Jam Makan

Jika Anda melelewatkan jam makan, maka kadar gula darah Anda akan terdorong lebih tinggi. Saat Anda kelaparan maka bahan bakar tubuh Anda adalah glukosa yang dilepaskan dari hati yang lama-kelamaan dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

2. Konsumsi Karbohidrat Sehat

Karbohidrat merupakan makanan yang penting bagi kesehatan tubuh. Sebaiknya, pilih dengan bijak seperti tidak mengonsumsi roti tawar putih karena roti tersebut mengandung karbohidrat kompleks yang memperlambat penyerapan glukosa.

3. Konsumsi Kayu Manis

Kayu manis diyakini dapat menurunkan gula darah sebanyak 18-29%. Oleh sebab itu tambahkan rempah-rempah ini pada kopi, teh, atau bahkan plain yogurt Anda.

4. Tidur yang Cukup

Ada banyak penelitian kesehatan yang menyatakan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan kadar gula darah. Oleh karena itu, setidaknya Anda tidur 8 jam setiap malam.

5. Makan Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung serat yang tinggi. Lambung membutuhkan waktu lama untuk mencernanya yang berarti bahwa makanan ini membutuhkan waktu lebih lama untuk melepaskan glukosa. Selain itu, kacang juga merupakan sumber lemak tak jenuh yang tidak dapat meningkatkan kadar gula darah.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar