Mengatasi Kaki Bengkak

Dalam dunia kedokteran, kaki bengkak disebut juga dengan edema. Kondisi ini terjadi saat tubuh mengalami kesulitan melawan gravitasi, sehingga darah dan cairan berkumpul di daerah kaki. Sebenarnya kaki yang membengkak tidak berbahaya bagi kesehatan, namun siapapun yang mengalaminya tentu merasa tidak nyaman saat berjalan dengan kaki bengkak.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Secara Alami

Kaki bengkak biasanya diakibatkan oleh obesitas, tekanan darah tinggi, atau kehamilan. Untuk mengatasinya, Cobalah ikuti cara-cara alami berikut ini.

1. Suplemen Magnesium

Pembengkakan pada kaki terjadi karena kekurangan magnesium. Oleh sebab itu, mengonsumsi suplemen magnesium secara teratur dapat mengatasi kaki yang bengkak. Namun, jika Anda ibu hamil, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

2. Air Tonikum

Tonik adalah minuman berkarbonasi yang mengandung kina. Jika Anda merendam kaki dalam air tonik, hal ini dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada kaki sehingga perlahan-lahan kaki bengkak sembuh.

3. Minyak Jeruk

Selain dikonsumsi, jeruk juga dapat Anda aplikasikan pada kaki yang bengkak. Untuk penggunaannya, ada dua hal yang dapat Anda lakukan. Pertama, masukkan beberapa tetes minyak jeruk ke dalam bak berisi air. Kedua, gosokkan kaki yang bengkak dengan minyak jeruk.

4. Air Garam

Air garam juga dapat bekerja seperti minyak jeruk. Jika pembengkakan cukup parah, mandi adalah pilihan yang lebih baik sehingga kaki bisa sembuh seperti sediakala.

5. Pijat

Tidak ada salahnya Anda menerapkan terapi pijat pada kaki yang bengkak. Undanglah orang yang orang yang ahli dalam hal ini agar bengkak Anda tidak semakin parah. Orang yang ahli akan tahu letak saraf mana saja yang sebaiknya diberikan pijatan. Jika Anda ibu hamil, cobalah menghubungi seorang ahli pijat khusus untuk ibu hamil.

6. Stoking Kesehatan

Tenang, stoking kesehatan banyak dijual di pasaran. Anda dapat membelinya kapan saja.

7. Mengangkat Kaki

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pembengkakan terjadi karena gravitasi. Oleh karena itu cobalah untuk mengangkat kaki lebih tinggi dari tubuh. Anda dapat berbaring di kasur dan mengganjal kaki dengan bantal.

8. Berenang

Saat berenang kaki terus bergerak dan mengambang di air. Hal ini membantu tubuh untuk melawan gravitasi yang lebih baik.

9. Minum Air

Ada banyak kebaikan yang Anda peroleh ketika minum air putih. Begitu pula dengan kaki bengkak, juga dapat diatasi dengan meneguk banyak-banyak air putih. Jika Anda bosan dengan air, Anda dapat menambahkan mentimun dan lemon ke dalamnya. Mentimun dan lemon bersifat anti-inflamasi (anti peradangan) sehingga baik bagi kaki yang bengkak.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar