Mengatasi Kepedasan

Orang Indonesia bagian mana yang tak kenal sambal? Makanan berbahan dasar cabai ini sering menjadi pendamping sayur dan lauk pada menu makan sehari-hari. Tahukah Anda, rasa pedas cabai maupun merica ternyata baik bagi kesehatan karena kandungan vitamin C di dalamnya. Misalnya ketika sedang flu, menyantap hindangan panas dan pedas akan membuat Anda berkeringat dan merasa lebih baik.

Banyak orang yang suka dengan makanan pedas karena seperti memacu adrenalin. Mulut, bibir hingga perut terasa panas, bahkan tak jarang keluar air mata dan keringat. Meskipun demikian, mereka tak juga kapok makan makanan pedas. Anda salah jika meredamnya dengan air dingin atau air es. Kalau sudah sangat kepedasan, sebaiknya redam dengan cara-cara berikut ini.

1. Air hangat

Orang sering salah kaprah ketika merasa kepedasan lantas minum air dingin atau air es. Dingin memang bikin mulut terasa sejuk, tetapi tidak menghilangkan pedas di mulut. Sebaliknya, rasa pedas akan semakin menjadi-jadi jika Anda minum air es saat kepedasan. Sebaiknya, minumlah air hangat ketika mulut Anda terasa panas dan perih akibat cabai atau merica. Memang tidak menyenangkan di awal, namun air hangat berangsur-angsur mengatasi rasa pedas.

2. Mentimun

Anda tentu sering menemui lalapan mentimun pada makanan yang digoreng atau dibakar seperti ayam goreng dan ayam bakar. Bukan tanpa alasan penjual makanan tersebut meletakkan mentimun pada piring Anda. Mentimun memang mampu mengatasi rasa pedas sebab mentimun mempunyai kadar air alami yang tinggi. Jika Anda mulai kepedasan, makan saja sepotong mentimun.

3. Lemon atau Jeruk Nipis

Rasa kecut dan masam pada lemon dan jeruk nipis dapat menetralkan rasa pedas. Jika ingin meredam rasa pedas dengan menggunakan lemon atau jeruk nipis cukup dengan cara memeras lemon atau jeruk nipis di ujung lidah.

4. Garam

Ternyata rasa asin pada garam juga dapat menghalau rasa pedas. Caranya juga tak kalah mudah. Jika mulut Anda panas akibat kepedasan segera ambil garam di dapur Anda lalu taburkan garam pada ujung lidah. Tak lama kemudian, rasa pedas di mulut Anda akan hilang.

5. Gorengan

Aturannya, gorengan yang Anda makan bukanlah gorengan yang baru diangkat dari wajan. Jika demikian, mulut Anda justru akan semakin panas. Gorengan yang lembab dan tidak panas serta rasanya yang gurih dan minyak dalam makanan tersebut mampu membantu menghilangkan rasa pedas. Jika tidak menemukan gorengan di dekat Anda, kerupuk atau jenis keripik lainnya yang berminyak dapat menjadi penggantinya.

6. Buah-buahan

Buah-buahan manis dan mengandung banyak air seperti semangka, melon, dan jeruk akan cepat menetralkanan rasa pedas. Saat kepedasan, Anda dapat mencoba meredamnya dengan buah-buahan ini.

7. Susu

Susu mengandung caesin yang mampu mengikat dan melunturkan rasa pedas pada cabai. Baik itu susu tawar maupun yang manis, keduanya dapat menetralkan rasa pedas.

6. Hindari Soda

Minuman bersoda terlebih yang dalam kondisi dingin memang nikmat dikonsumsi saat sedang kepedasan. Namun soda justru membuat rasa pedas semakin menjadi, terutama pada perut Anda. Hindari minuman bersoda ketika Anda merasa kepedasan.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar