4 Tips Mengatasi Kulit Kering pada Bayi yang Baru Lahir

Pada dasarnya kulit bayi baru lahir yang terlihat pasti lebih kasar, kering dan sensitif tentu akan membuat resah para orangtua. Hal ini terjadi karena kelembutan dan kehalusannya kulit bayi membuatnya sangat tipis. Itu sebabnya kulit bayi lebih mudah terbakar sinar matahari dibandingkan kulit orang tuanya.

Namun kulit bayi terkadang bisa menjadi kering disebabkan faktor lingkungan eksternal, hal lainnya seperti cuaca dan rutinitas perawatan pada kulit.

Selain itu, bayi dengan kondisi kesehatan seperti ichthyosis atau eksim juga menunjukkan kulit kering. Berikut ini adalah tips merawat kulit kering pada bayi baru lahir:

 

Produk Bayi yang Lembut dan Ramah

tororo.com
tororo.com

Umumnya produk untuk orang dewasa seperti pelembab, sabun dan sampo mandi biasanya mengandung zat pewarna atau yang berbahan kimia dan parfum terlalu banyak yang bersifat keras sehingga bisa mengiritasi kulit bayi.

Pilihlah produk pelembab atau sampo yang dibuat khusus untuk bayi tanpa parfum atau tanpa zat pewarna.

Merawat Kulit Bayi Agar Tetap Sehat

familyherbal.net
familyherbal.net

Batasi paparan cuaca yang membuat bayi merasa tidak nyaman. Kecenderungan seperti angin, cuaca dingin, sinar matahari, panas akan merusak kelembaban kulit bayi

Hal ini bukan berarti bayi harus selalu ada dalam ruangan setiap waktunya, justru kamu harus mengambil tindakan perlindungan. Cobalah pakaikan jaket, topi dan sarung tangan pada bayi sebelum pergi ke luar terutama saat suhu dingin serta dengan duduk di tempat yang teduh saat musim panas. Menjaga bayi agat tetap terlindungi tertutama saat panas (hangat) sehingga akan melindungi kulit bayia dari kekeringan.

Memandikan Bayi

cutebabyplayground.wordpress.com
cutebabyplayground.wordpress.com

Biasakan untuk mandikan bayi selama 10 menit atau kurang dengan air hangat setiap paginya, tidak menggunakan air hanangat (panas). Air hangat dan sabun mandi akan menghilangkan kelembaban kulit bayi, terutama saat musim dingin. Memandikan bayi dengan lembut dengan menggunakan wash lap dan sampo bayi  berfungsi untuk melindungi kulitnya. Sedangkan untuk bayi dengan kulit sangat kering, kamu perlu membatasi mandinya hanya tiga kali dalam satu minggu.

Melembabkan Kulit Bayi

bambinaku.com
bambinaku.com

Usahakan saat melembabkan kulit bayi, minimal dua kali sehari dengan pelembab kulit khusus yang kental dan baik. Pelembab yang kental akan membuat kulit bayi sedikit berminyak, namun akan memiliki efek melembabkan lebih lama.

Tinggalkan komentar