Mengatasi Kulit Kusam Dengan Bahan-Bahan Alam

Terdapat banyak hal yang menyebabkan kulit kusam, di antaranya pemakaian riasan yang tebal, perawatan kulit yang tidak tepat, gaya hidup tidak sehat dan lalai merawat kulit. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami. Berikut ulasannya.

 

KUNING TELUR DAN AIR MAWAR

Kulit kusam terjadi karena kelenjar-kelenjar minyak tidak bisa menyuplai minyak yang cukup untuk kulit sehingga kulit kering dan tidak segar. Kuning telur yang mengandung Vitamin A dan K baik untuk kulit karena mengembalikan produksi kelenjar minyak.

Caranya :

Ambil satu kuning telur, satu sendok teh perasan jeruk, satu sendok teh minyak zaitun dan beberapa tetes air mawar serta perasaan jeruk nipis.
Aduk hingga tercampur dan oleskan pada wajah di pagi hari sebelum mandi.
Biarkan 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.
Lakukan dua kali seminggu agar kulit kembali sehat.

 

KUNYIT DAN SUSU

Perubahan suhu yang sangat drastis dari panas ke dingin atau sebaliknya serta penggunaan kosmetika yang tidak sesuai dengan jenis kulit juga membuat kulit kusam. Indikasinya, kulit tidak segar, muncul bintik hitam, jika diraba terasa kasar dan riasan tidak menempel sempurna. Jika terkena keringat, maka kulit bertambah lusuh. Untuk mengatasinya, kulit harus disegarkan dan dicerahkan kembali. Kunyit dan susu dapat menyegarkan dan mencerahkan kulit

Caranya :

Ambil tepung terigu sebanyak satu sendok makan, tambahkan sejumput bubuk kunyit.
Teteskan perasan jeruk nipis, minyak zaitun dan susu segar cair masing-masing setengah sendok makan.
Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
Oleskan ke seluruh area wajah, diamkan selama 30 menit.
Basuh dengan air bersih.
Lakukan seminggu sekali agar kulit kusam kembali segar dan sehat

 

MINYAK ALMOND DAN MINYAK BIJI RAMI

Kulit kusam juga bisa disebabkan paparan sinar matahari yang terlalu banyak menerpa kulit. Untuk mengatasinya, gunakan pelembab alami yang tidak sekadar melembabkan kulit dalam waktu singkat, namun juga bisa memperbaiki kulit. Minyak Almond dan minyak biji rami kaya akan asam lemak dan aneka nutrisi yang membantu menyehatkan sekaligus melembabkan kulit.

Caranya :

Campur minyak biji rami, minyak zaitun dan minyak almond, masing-masing sebanyak setengah sendok teh.
Masukkan ke dalam botol kecil dan aduk hingga tercampur rata.
Tambahkan air destilasi hangat sebanyak tiga sendok makan.
Kocok dan oleskan pada kulit.
Biarkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.
Lakukan satu minggu satu kali.

 

WORTEL DAN ALOE VERA

Penggunaan obat-obat medis juga berakibat buruk pada kesehatan dan kecantikan kulit. Terutama obat-obatan diuretic, antispasmodic dan antihistamin yang menyebabkan kulit kering. Kurangi konsumsi jenis obat-obatan dan gunakan bahan-bahan alami. Wortel mengandung vitamin A dan C yang bagus untuk melembutkan kulit. Aloe vera akan mengangkat sel kulit mati sekaligus menenangkan dan melembabkan kulit. Selain itu juga akan menyembuhkan kulit terluka karena terlalu kering.

Caranya :

Ambil lender atau gel aloe vera sebanyak satu sendok makan.
Campur dengan parutan wortel dan aduk hingga merata.
Oleskan merata ke wajah, kecuali area mata.
Biarkan selama 15-20 menit agar remuan mongering.
Basuh dan bilas dengan air bersih.

 

TEPUNG BERAS DAN MENTIMUN

Lupa merawat kulit dapat mengakibatkan kulit kusam. Hal ini disebabkan karena sel kulit mati yang seharusnya dibuang akan menumpuk di permukaan kulit, sehingga kulit menjadi kusam, kasar dan tidak sehat. Solusinya adalah mengulaskan bahan yang mengandung butiran scrub agar sel kulit mati yang menumpuk bisa diangkat dan kulit menjadi lebih sehat. Tepung beras dan mentimun dapat menjadi bahan pilihan untuk mengangkat sel kulit mati.

Caranya :

Buatlah pasta yang berasal dari campuran tepung beras sebanyak satu sendok makan, perasan mentimun dan jeruk. Jumlah perasan mentimun dan jeruk disesuaikan dengan jumlah tepung beras.
Aduk merata hinga adonan cukup pekat dan bisa dioleskan pada kulit. Oleskan merata pada wajah kecuali area mata.
Biarkan selama 15 sampai 20 menit atau hingga mongering. Perasaan mentimun itu akan melembutkan kulit sementara perasan jeruk dan tepung beras bisa mengangkat sel kulit mati yang menumpuk dan membuat kulit kusam.
Jika kulit anda tidak berjerawat, bisa juga ditambahkan perasan lemon yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit.
Lakukan perawatan ini dua kali seminggu. Jika kulit sudah kembali sehat bisa diteruskan dengan perawatan yang sama seminggu sekali.

Bengkoang
Bengkoang dapat memberikan rasa dingin pada kulit. Dan dapat juga digunakan untuk memutihkan wajah secara alami. Zat fenolik yang terkadung dalam bengkoang dapat menghambat pembentukan melanin, sehingga pigmentasi yang disebabkan oleh sinar matahari, bekas jerawat, kulit mati, hormon, dapat dicegah serta menguranginya. Dan juga dapat mencegah radikal bebas, karena adanya vitamin C, saponin, dan kandungan flavonoid.

Caranya :
Kupas bengkoang secukupnya.
Cuci bersih, lalu tiriskan.
Siapkan penyaring dan mangkuk.
Parut bengkoang dan pastikan Anda sudah mencuci tangan sebelum memarut.
Peras parutan bengkoang lalu masukkan ke dalam mangkuk dan biarkan semalaman.
Keesokan paginya, perasan bengkuang akan berubah menjadi endapan sari pati. Campurkan sari pati dengan air secukupnya dan aplikasikan pada wajah.

 

Daun Seledri

Penggunaan daun seledri sebagai masker dapat membuat kulit lebih indah serta bersih. Daun seledri mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Caranya:
Ambil daun seledri sekitar 1-2 genggam lalu cuci hingga bersih
Potong hingga menjadi bagian-bagian kecil
Rebus dengan air selama 20 menit
Angkat dan diamkan seledri tersebut hingga dingin dengan sempurna
Lalu gunakan sebagai masker pada wajah anda sampai seledri dan airnya meresap pada wajah
Tunggu sampai mengering sendiri di wajah lalu bilas dengan air bersih.

 

Zaitun

Kandungan Vitamin E yang terdapat pada minyak zaitun dapat menjadi antioksidan alami yang dapat menangkal oksidasi yang merusak sel. Cara penggunaanya bisa langsung dikonsumsi secara langsung atau dioleskan pada kulit.

Tinggalkan komentar