Mengatasi Luka Bakar Knalpot

Pengendara motor merajai hampir seluruh jalanan di kota, bahkan telah merambah jalanan desa. Tidak jarang terjadi insiden kaki tersundut knalpot motor yang panas. Bisa jadi Anda tidak sengaja menyenggol knalpot motor yang baru saja diparkir di halaman rumah. Bisa jadi sebuah kecelakaan menyebabkan kaki Anda tertimpa knalpot motor.

Jika kulit terkena knalpot yang panas akan memunculkan efek kulit melepuh ketika sudah sembuh. Bekas lukanya khas dan cenderung menetap dalam waktu lama. Untuk mengatasi kulit yang terkena knalpot panas, Anda dapat menggunakan berbagai bahan tradisional. Berikut daftarnya.

1. Tomat

Bahan ini tentu tidak pernah absen dari dapur Anda. Tomat mengandung vitamin C dan lycopene sehingga membantu proses penyembuhan luka pada kulit serta mencerahkannya. Untuk mengaplikasikannya pada luka bakar akibat knalpot panas, cukup oleskan cairan di dalam tomat ke luka Anda. Lakukan cara ini sehari 2-3 kali selama kurang lebih 1 minggu.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang hadirnya sel kulit baru. Jika persediaan tomat di rumah Anda habis, oleskan minyak zaitun pada luka yang terkena knalpot.

3. Bawang Putih

Bawang putih juga diyakini dapat menyembuhkan luka bakar akibat knalpot panas. Caranya, potong satu siung bawang putih lalu usapkan cairannya pada luka. Mungkin, efeknya terasa agak panas di kulit.

4. Teh basi

Jika Anda suka minum teh, jangan langsung buang ampasnya. Teh mengandung antioksidan tinggi yang dapat mengobati luka bakar akibat knalpot panas. Aplikasikan ampas teh yang telah diseduh pada luka Anda sebayak 2-3 kali sehari selama seminggu. Ampas teh juga dipercaya dapat mencerahkan kulit bekas luka.

5. Air Hangat

Setelah kulit tersundut knalpot panas, segera rendam bagian kulit yang luka ke dalam air hangat suam kuku selama 15 menit. Hal ini akan mencegah kulit berubah coklat karena suhu tinggi pada bagian luka akan dinetralkan.

Semoga bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Mengatasi Luka Bakar Knalpot”

Tinggalkan komentar