Mengatasi Noda Membandel Pada Cucian

Pangkal kesehatan adalah kebersihan. Anda dapat memulainya dari kebersihan pakaian yang Anda kenakan. Sebagian kotoran tidak mudah dihilangkan dari baju-baju kesayangan Anda. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda ikuti untuk mengatasi cucian yang bermasalah tersebut.

1. Noda Mengering

Noda tinta, noda kuah, atau noda darah yang tidak segera dicuci akan mengering dan sulit untuk dibersihkan. Untuk itu Anda perlu merendam noda tersebut atau menggunakan penghapus noda yang lebih kuat. Jika pakaian Anda berwarna putih cobalah menggunakan lemon jus dan kemudian jemur dibawah matahari. Lemon jus dan sinar matahari akan bekerja sebagai pemutih. Ingat, jangan lupa untuk membilas pakaian tersebut secara keseluruhan sebelum dicuci lagi.

2. Bau Apek dan Noda Jamur

Suatu saat Anda mungkin terlalu sibuk lantas lupa pada tumpukan cucian kotor di bak. Jika dibiarkan baju akan menimbulkan bau apek. bahkan bintik-bintik noda jamur. Apabila hal ini terjadi cucilah baju dengan pemutih chlorine (clorine bleach) untuk pakaian yang berwarna putih. Untuk pakaian berwarna cobalah gunakan campuran satu sendok teh color-safe oxygen bleach dan satu cangkir hydrogen peroxide. Gosok area yang terkena noda jamur dengan campuran tersebut sebelum dibilas dan dicuci kembali.

Noda Permen Karet

Jangan buru-buru membuang baju Anda yang terkena noda permen karet. Atasi dengan menggunakan air panas. Rendam baju Anda dengan air panas sambil kikis permen karet menggunakan pisau atau sikat dalam satu arah. Lakukan sampai permen karet tercabut.

Semoga yang sedikit ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan komentar