Mengatasi Osteoarthritis

Mungkin tidak banyak orang yang tahu tentang osteoartritis. Penyakit yang ini mungkin akan mengingatkan Anda dengan penyakit osteoporosis. Keduanya memang hampir sama, yaitu merupakan penyakit tulang. Osteoarthritis adalah penyakit kronis yang mengenai sendi dan tulang di sekitar sendi tersebut. Tidak hanya orang tua, sendi dan tulang orang muda juga bisa menjadi aus atau usang jika mengalami peradangan yang mempengaruhi kerusakan pada sendi.

Keluhan yang biasa diderita oleh penderita osteoarthritis yaitu nyeri sendi akut yang tidak tertahankan. Hal tersebut dapat disebabkan oleh cedera sendi, asam urat, obesitas, gangguan hormonal dan lain sebagainya. Untuk meredakan nyeri dan peradangan sendi, Anda dapat menerapkan cara-cara di bawah ini.

1. Diet

Gangguan sendi seperti osteoarthritis dapat diatasi dengan diet. Mengapa? Ketika berat badan berlebih dan lemak menumpuk maka sendi juga mengalami tekanan yang lebih besar dari ketika berat badan ideal. Selain itu, tambahkan pula makanan kaya kalsium, vitamin D, E dan C yang berfungsi sebagai antioksidan. Apabila Anda kesulitan mendapatkan makanan-makanan berkalsium tersebut, alihkan pada suplemen vitamin.

2. Cabai Merah

Ternyata cabai juga memiliki efek baik untuk meredakan peradangan sendi. Untuk aplikasinya, cabai dapat Anda konsumsi atau gosokkan pada bagian yang nyeri. Memang, Anda akan merasa panas pada awalnya, namun hal ini akan memberikan rasa hangat dan menghilangkan nyeri. Untuk efek panas cabai, campurkan dengan minyak zaitun dan oles ketika Anda hendak tidur.

3. Paku Ekor Kuda

Tanaman hias ini ternyata juga bisa dijadikan obat pereda nyeri. Untuk penggunaannya, buatlah jus dari tanaman paku ekor kuda. Minum jus ini setiap hari agar nyeri Anda reda.

4. Kemangi

Bukan hanya daun kemangi, tetapi keluarga basil yang lain juga sangat baik untuk meredakan nyeri. Tambahkan kemangi ke dalam lalapan Anda. Anda juga dapat menjadikannya jus atau seduh sebagai teh. Minumlah ramuan kemangi setiap 3 kali sehari.

5. Olahraga

Jangan lupa untuk melakukan olahraga secara rutin. Bahkan jika Anda tidak terserang penyakit osteoarthritis, sebaiknya tetap lakukan olahraga. Hal ini untuk melatih persendian Anda.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar