Mengatasi Stres Kerja

Para pekerja rentan mengalami stres. Jika dibiarkan stres dapat berubah menjadi depresi. Pekerjaan apapun memang menguras tenaga dan meningkatkan ketegangan dalam pikiran. Oleh karenanya, pengelolaan stres menjadi penting. Anda pun perlu mengistirahatkan pikiran setelah bekerja. Inilah cara-cara mudah dan sederhana untuk meredakan stres setelah bekerja.

1. Telepon Teman

Utamanya adalah Anda berbagi cerita dengan teman. Jika jarak Anda dengan teman Anda berjauhan, Anda dapat tersambung dengannya menggunakan telepon. Cara ini efektif untuk mengusir stres setelah bekerja sebab Anda seperti meletakkan beban di pundak Anda ke tanah ketika berbicara dengan teman.

2. Menulis di Buku Harian

Apabila Anda tidak mempunyai seseorang untuk dijadikan tempat cerita, Anda dapat menuliskan apapun perasaan Anda di atas kertas buku harian. Tuliskan saja semua masalah, kekecewaan, hingga harapan Anda. Cara ini ampuh untuk mengeluarkan diri dari lingkaran masalah.

3. Peluk Seseorang

Ternyata, memeluk seseorang dapat mengeluarkan hormon yang bisa meningkatkan suasana hati. Tetapi jangan lupa lihat-lihat dulu sebelum memeluk orang. Salah-salah Anda memeluk pasangan orang lain. Bukan hanya pasangan, Anda juga bisa memeluk hewan peliharaan.

4. Lakukan Hobi

Melakukan sesuatu yang dengan minat adalah cara yang baik untuk mencerahkan suasana hati. Enyahkan semua kekacauan dan stres di kepala Anda dengan kegiatan yang Anda sukai.

5. Aangkat Kaki ke Dinding Sambil Tidur

Berbaringlah dan letakkan kaki ke dinding. Posisi ini akan membuat Anda merasa lebih tenang. Posisi ini akan meningkatkan aliran darah ke kepala sehingga membuat Anda merasa lebih santai.

6. Olahraga

Olahraga tidak mesti dilakukan pagi atau sore hari. Tidak ada salahnya Anda melakukan olahraga ringan setelah bekerja. Kegiatan olahraga akan meningkatkan hormon endorfin yang akan membuat Anda lebih gembira dan merasa optimis.

7. Mandi Air Hangat

Air hangat akan merevitalisasi indera tubuh sehingga membuat Anda menjadi lebih rileks. Jika ada, tambahkan beberapa tetes minyak aromaterapi untuk menenangkan pikiran.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar