Mengatasi Susah Tidur Karena Cuaca Panas

Indonesia yang berada di daerah tropis, memiliki suhu udara cukup panas baik siang maupun malam. Tidur saat cuaca panas akan membuat tubuh banyak mengeluarkan keringat sehingga mengganggu waktu istirahat. Biasanya, orang-orang menggunakan pendingin ruangan atau kipas angin untuk mengatasi panasnya udara. Namun penggunaan alat-alat tersebut membutuhkan energi listrik, bagaimana jika tiba-tiba listrik padam? Untuk menyiasati udara yang panas agar tidur Anda tetap nyaman, lakukan cara-cara yang disarankan berikut ini.

1. Tirai

Tutup tirai pada bagian rumah yang terpapar sinar matahari pada siang hari. Hal ini agar menghalangi sinar matahari yang terik masuk melalui jendela. Buka tirai pada sisi yang teduh agar cahaya tetap dapat masuk. Cara ini bermanfaat untuk mengurangi suhu panas dalam ruangan.

2. Jendela

Sebaiknya buka jendela kamar 1 jam sebelum Anda tidur. Hal ini supaya udara segar dari luar dapat masuk melalui jendela dan mendinginkan ruangan. Sebaiknya, pasang jala anti nyamuk di jendela agar nyamuk dan serangga-serangga lain dari luar tidak ikut masuk ke dalam ruangan.

3. Sprei

Sprei yang Anda gunakan saat tidur juga mempengaruhi kenyamanan tidur. Ketiaka cuaca sedang panas, jangan gunakan sprei berbahan nilon tetapi sprei berbahan katun agar menyerap keringat dengan mudah daripada menggunakan sprei.

4. Hindari Mandi dengan Air Dingin Sebelum Tidur

Anda salah jika menganggap bahwa mandi dengan air dingin akan akan mendinginkan tubuh saat tidur. Mandi dengan air dingin sesaat sebelum tidur memang mendinginkan tubuh, tetapi hanya sementara. Selanjutnya, justru pori-pori tubuh tertutup sehingga keringat akan sulit keluar dan membuat suhu tubuh semakin meningkat saat tidur. Jika Anda ingin mandi, sebaiknya menggunakan air hangat.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar