Mengatasi Susah Tidur

Apakah Anda merasa sudah tidur dengan cukup? Seringkali kesibukan yang menggunung di sekolah atau kantor membuat kuantitas dan kualitas tidur terabaikan. Padahal, kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas akan membuat badan lemas. Penting bagi Anda untuk selalu tidur pulas setiap hari. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, cara-cara di bawah ini dapat Anda terapkan.

1. Atur Siklus Tidur

Jika Anda tidur dan bangun pada yang saat sama setiap hari, maka kualitas tidur akan meningkat. Apabila saat ini pola tidur Anda belum teratur, gunakan bantuan alarm untuk memastikan Anda tidur dan bangun pada jam yang sama. Ingat, jangan pencet tombol snooze. Tubuh akan mulai mengingat pola tersebut dengan sendirinya setelah beberapa hari.

2. Minum Susu Coklat Hangat atau Mandi Air Panas

Rasa kantuk dapat disebabkan oleh suhu dingin. Sesaat sebelum tidur, tubuh akan mengalami penurunan suhu secara alami. Tubuh akan berada dalam suhu terendahnya saat Anda terlelap. Meskipun demikian, menghangatkan badan sebelum tidur mampu mempercepat proses tersebut. Saat usai mandi air hangat, tubuh akan mengalami penurunan suhu yang lebih cepat dari biasanya. Demikian pula jika Anda minum segelas susu hangat.

3. Matikan Penerangan

Cahaya secara aktif menghalangi produksi melatonin dalam tubuh. Melatonin adalah hormon yang membuat kita mengenali rasa kantuk. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidurlah dalam kondisi lampu kamar yang mati. Hentikan juga penggunaan alat-alat elektronik yang menghasilkan cahaya seperti HP, tablet, dan TV.

4. Tenangkan Hati dan Pikiran

Saat tiba waktu tidur, upayakan untuk tidak memikirkan hal yang membuat Anda pusing. Kondisikan pikiran Anda untuk siap istirahat. Jika memang ada hal yang sangat mengganggu pikiran, sugesti diri Anda sendiri bahwa tugas hari ini sudah selesai. Anda akan menyelesaikan persoalan itu esok hari ketika badan yang lelah bugar kembali.

5. Bersihkan Ranjang dari Tumpukan Buku

Kualitas tidurmu akan meningkat jika Anda membersihkan ranjang dari buku atau kertas-kertas tugas. Pastikan bahwa Anda mempunyai lingkungan yang mendukung untuk tidur yang berkualitas. Bersihkan juga kasur Anda dari pakaian atau tumpukan barang-barang lain. Sebelum tidur, rapikan sprei dan pukul-pukul kasur sebanyak 3 kali dengan menggunakan pemukul kasur dari rotan.

6. Minum Susu Sebelum Tidur

Ternyata, ajaran ibu yang memberikan segelas susu sebelum tidur itu ada benarnya juga. Susu mengandung asam amino disebut tryptophan, yang bisa memicu produksi melatonin atau hormon tidur dalam tubuh.

7. Tidak Makan Berat Sebelum Tidur

Jangan makan berat sesaat sebelum tidur karena karena tubuh masih memproses atau mencerna makanan tersebut secara aktif. Jika tubuh belum siap untuk beristirahat, tidur pun akan terganggu karena kamu harus bolak-balik kamar mandi. Jika terpaksa makan sebelum tidur, pilihlah buah ceri, jeruk, nanas, dan pisang.

8. Jauhi Peralatan Elektronik

Jauhkan alat-alat elektronik, wireless atau soket listrik dari tempat tidur. Jaga jaraknya, minimal 1-2 meter. Perbedaan medan magnet yang diproduksi alat-alat itu dengan medan magnet alami tubuh bisa membuat otak sulit berkonsentrasi untuk istirahat. Perbedaan medan magnet ini juga menghambat produksi melatonin dalam tubuh sehingga membuat kamu sulit merasa kantuk.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar