Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Pernah mengalami? Saat mandi atau berenang, air masuk ke dalam telinga tanpa sengaja. Pasti rasanya sangat tidak nyaman, bukan?! Tidak jarang pula telinga terasa sakit atau pendengaran menjadi berkurang setelah kemasukan air. Ada pula yang telinga terasa gatal akibat air yang terjebak dalam kanal telinga. Untuk meredakan sensasi tersebut, Anda harus mengeluarkan air dari telinga atau mengeringkan air di dalam telinga. Bagaimana caranya? Simak uraian berikut.

Cara Pertama

Untuk mengeluarkan air dari telinga, Anda dapat memiringkan kepala hingga sejajar dengan lantai. Selanjutnya, letakkan telapak tangan ke bagian telinga yang kemasukan air. Tekankan telapak tangan dengan lembut ke lubang telinga yang kemasukan air, kemudian lepas dengan cepat. Hal tersebut akan membuat tangan berubah menjadi vakum sementara sehingga membantu mengisap air keluar. Setelah air keluar sedikit demi sedikit, gunakan cotton bud untuk membersihkan telinga.

Cara Kedua

Untuk mengeluarkan air dari dalam telinga, tutup mulut dan pegang hidung Anda dengan tangan. Selanjutnya, ambil nafas panjang dan keluarkan udara melalui lubang hidung. Hal tersebut akan mengatur tekanan udara dan membuat saluran eustachian, sehingga mengurangi rasa tidak nyaman pada telinga yang kemasukan air.

Cara Ketiga

Untuk mengatasi telinga yang kemasukan air, Anda juga dapat menggunakan pengering rambut (blow dryer). Pengering rabut akan mengeringkan air dalam telinga. Caranya, pegang pengering rambut sekitar 25 cm di depan telinga, atur panas paling rendah dan kecepatan angin yang rendah. Kemudia, nyalakan pengering rambut. Biarkan anginnya masuk ke telinga selama beberapa detik. Ulangi sesuai kebutuhan.

Cara Keempat

Cara keempat untuk mengatasi telinga yang kemasukan air adalagh menggunakan garam. Sediakan seperempat cangkir garam dan panaskan dalam microwave. Selanjutnya, letakkan dalam kain katun dan ikat dengan kencang. Letakkan kain itu di dekat lubang telinga dan biarkan selama beberapa menit. Garam dapat menyerap air di dalam telinga.

Cara Kelima

Anda juga dapat menggunakan bawang putih untuk mengatasi telinga yang kemasukan air. Caranya, hancurkan beberapa siung bawang putih lalu ambil saripati di dalamnya. Ambil sekitar dua hingga tiga tetes sari bawang putih. Masukkan sari bawang putih ke dalam telinga yang kemasukan air. Tunggu selama beberapa menit, lalau keringkan telinga menggunakan pengering rambut seperti cara ketiga. Hal tersebut akan mengeringkan air dalam telinga sekaligus menghilangkan rasa sakit akibat kemasukan air.

Mudah bukan?! Namun, apabila cara di atas tidak berhasil dan telinga masih terasa tidak nyaman atau sakit, segera periksakan diri ke dokter.

Semoga beranfaat.

Tinggalkan komentar