Kenali 4 Zat Gizi yang Bikin Tubuh Kamu Sehat dan Harimu Penuh Semangat

Makanan merupakan kebutuhan pokok dan syarat agar manusia bisa bertahan hidup. Makan bukan hanya untuk mengganjal perut dan mengobati rasa lapar. Lebih dari itu, makan adalah sarana mendapatkan zat-zat gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Masing-masing makanan memiliki keunggulan zat gizi. Oleh karena itu kamu harus memvariasikan asupan makanan dan tidak hanya memakan satu jenis makanan yang kamu sukai.

Beberapa zat gizi yang dibutuhkan tubuh perlu kamu ketahui. Begitu juga dengan manfaat dan sumber bahan pangan. Berikut ini beberapa zat gizi mikro tersebut.

Karbohidrat

www.sehatfresh.com

Karbohidrat adalah sumber energi utama yang diperlukan tubuh. Selama ini mungkin kamu hanya mengenal nasi, roti, gandum, dan umbi-umbian sebagai sumber karbohidrat.

Sebenarnya gula pasir (sukrosa), fruktosa, laktosa yang terdapat pada susu, dan gula-gula lainnya juga merupakan karbohidrat. Namun nasi dan kawan-kawannya merupakan karbohidrat kompleks yang perlu diurai menjadi glukosa.

Glukosa inilah karbohidrat monomerik yang paling sederhana dan siap digunakan secara langsung oleh tubuh. Glukosa yang tidak diperlukan tubuh diubah menjadi glikogen yang disimpan dalam hati dan jaringan otot.

Jika kelebihan glikogen sangat banyak dapat diubah menjadi lemak dan disimpan menjadi jaringan adiposa.

Protein

www.makananuntukdietsehat.com

Protein sangat diperlukan untuk tubuh terutama sebagai zat pembangun dan pengatur. Sebagai zat pembangun, protein diperlukan untuk membentuk jaringan-jaringan baru yang selalu terjadi di dalam tubuh.

Pada masa kehamilan, protein ini berperan membentuk jaringan janin dan pertumbuhan embrio. Selain itu protein berfungsi mengganti jaringan tubuh yang rusak dan perlu di rombak.

Jadi jika tubuhmu terluka, proteinlah yang membentuk jaringan tubuhmu yang rusak. Beberapa bahan makanan yang kaya protein adalah tempe, kacang-kacangan, telur, dan susu.

Lemak

 www.news.indoenz.science

Lemak adalah sumber energi yang paling besar jika dibandingkan karbohidrat dan protein. Satu gram lemak dapat menghasilkan energi 9 kkal. Sedangkan karbohidrat dan protein setiap gram hanya menghasilkan energi 4 kkal.

Lemak dan minyak sebenarnya sama. Hanya saja lemak memiliki wujud padat pada suhu ruang, sedangkan minyak memiliki wujud cair. Lemak dikenal sebagai cadangan makanan. Kelebihan karbohidrat juga diubah menjadi lemak.

Oleh karena itu, orang yang gemuk memiliki cadangan makanan yang sangat banyak di dalam tubuhnya. Meskipun lemak banyak dimusuhi oleh orang-orang yang sedang menjalankan program diet, sebenarnya lemak juga bermanfaat bagi tubuh.

Selain menghangatkan tubuh, lemak juga berfungsi sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K. Hal yang perlu diwaspadai adalah terlalu banyak mengkonsumsi lemak berisiko terserang berbagai penyakit seperti jantung koroner.

Bahan makanan yang paling banyak mengandung lemak tentu saja daging-dagingan dan berbagai jenis minyak.

Vitamin

www.intisari-online.com

Vitamin adalah kelompok senyawa organik yang biasanya hanya terdapat dalam makanan dengan jumlah kecil namun berperan dalam fungsi tertentu tubuh guna menjaga kelangsungan kehidupan dan menjaga proses pertumbuhan.

Vitamin-vitamin ini tidak dapat dibuat oleh tubuh dengan jumlah yang cukup. Oleh karena itu kita perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin.

Namun ada satu vitamin yang unik, yaitu vitamin D. Vitamin D dapat dibuat oleh tulang asalkan terpapar sinar matahari dengan cukup.

Meskipun hanya dibutuhkan dalam jumlah yang kecil, vitamin tetaplah penting. Oleh karena itu rajinlah mengkonsumsi sayur dan buah yang merupakan sumber utama vitamin.

Mulai sekarang ubahlah pola berpikir dimana makan bukan sekedar memenuhi selera dan nafsu. Pilihlah makanan yang bergizi seimbang. Sehingga hidup sehat dapat dicapai setiap hari.

Tinggalkan komentar