Mengenalkan Makanan Pendamping ASI Pada Bayi

Ketika bayi sudah berusia 6 bulan, inilah saatnya si kecil memperoleh menu tambahan selain ASI. Biasanya menu ini disebut dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Mengingat, organ pencernaan bayi yang belum sempurna seperti orang dewasa, maka pemberian MPASI sebaiknya dilakukan secara bertahap.

Cara Mengenalkan MPASI Pada Bayi

Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika memperkenalkan MPASI pada bayi. Di antaranya yaitu jenis makanan, tekstur dan jumlah porsi makanan, kekentalan makanan, serta jumlah makanan juga harus disesuaikan dengan kesiapan bayi dalam menerima makanan. Tahap-tahapnya adalah sebagai berikut.

Tahap Awal

Awalnya beri makanan semi padat pada bayi.

Bayi menyukai rasa manis, maka berikan buah-buahan dan sayuran pada bayi. Utamakan sayuran daripada buah agar kelak bayi doyan makan sayur.

Pada usia 6-9 bulan tekstur makanan sebaiknya makanan cair dan lembut seperti bubur buah, bubur susu atau bubur sayuran yang dihaluskan.

Porsi makanan juga tidak perlu banyak-banyak. Mulai saja dengan satu jenis makanan, misalnya pisang, alpukat atau pepaya.

Perhatikan respond bayi. Jika bayi memuntahkan makanannya pertanda ia menolak, maka berikan makanan bayi pendamping lainnya.

Tahap Lanjutan

Ketika bayi sudah mulai tumbuh giginya, tambah porsi makanannya secara berangsur mulai dari satu sendok, dua sendok, tiga sendok dan seterusnya sesuai porsi bayi.

Menginjak usia 10-12 bulan, mulai kenalkan makanan kental dan padat pada bayi. Namun tetap perhatikan tekstur makanan yang lunak. Aneka nasi tim cukup aman diterapkan.

Usia 12-24 bulan, mulai kenalkan pada makanan keluarga pada bayi. Berikan padanya makanan padat namun tetap mempertahankan rasa.

Hindari makanan-makanan yang dapat mengganggu organ pencernaan, seperti makanan terlalu berbumbu tajam, pedas, terlalu asam dan berlemak.

Pada masa ini kenalkan finger snack atau makanan yang bisa dipegang. Cookies, nugget, potongan sayuran rebus atau buah dapat diberikan pada bayi. Hal ini untuk melatih keterampilan bayi dalam memegang makanan dan merangsang pertumbuhan giginya.

Bubur Bayi

Sebagai referensi cara.media akan memberikan resep bubur bayi yang dapat dijadikan MPASI. Di toko-toko memang banyak produk bubur bayi instan yang dijual. Namun, alangkah baiknya jika mencoba membuatnya sendiri.

Bubur Ayam Tahu Bayam

Bahan:

-3 sdm nasi merah matang

-1 potong ayam yang sudah direbus, potong dadu

-1 batang wortel, kupas

-1 potong tahu

-10 helai daun bayam

-margarin

-garam

Cara membuat:

cuci bersih wortel dan tahu, lalu rebus hingga setengah lunak. Lelehak margarin dan masukkan bayam, ayam, nasi merah bersama garam. setelah lunak angkat semua bahan. Masukkan ke dalam blender, haluskan. Sajikan setelah agak dingin.

Itulah tahap-tahap memperkenalkan MPASI pada bayi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar