Ingin Mengetik Lebih Cepat dan Mudah di Smartphone Android? 7 Trik dan Tips Jitu Ini Bisa Kamu Coba

Kemampuan mengetik seseorang di layar smartphone tentu berbeda-beda. Ada yang bisa dengan cepat namun ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama. Kemampuan mengetik dengan cepat tentu sangat dibutuhkan. Misal saat ikut kompetisi live tweet atau sebagai pedagang online shop, keahlian seperti ini sangat diperlukan.

Fakta membuktikan mengetik di sebuah smartphone tidak dapat lebih cepat dibanding dengan mengetik di PC atau laptop. Sudah kita ketahui bersama di Laptop atau PC bisa menggunakan 10 jari tangan, sedangkan di smartphone hanya menggunakan dua jempol saja.

Namun tenang dulu, kamu bisa mengasah keterampilanmu mengetik lebih cepat di smartphone. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai trik-trik supaya bisa mengetik lebih cepat dan mudah di smartphone. Yuk, simak dengan seksama.

Pilih Keyboard yang Sesuai

inlovewithandroid.com

Buat kamu pengguna smartphone Android, setiap model smartphone pastinya akan dibekali keyboard bawaan dari masing-masing produsennya. Secara default, ada yang memanfaatkan Fleksy, Google Keyboard, Swype, atau Swiftkey.

Supaya kamu gak mati penasaran, lebih baik baik kamu mencoba semua aplikasi keyboard satu persatu serta gunakan minimal dalam sehari. Pastinya setiap aplikasi keyboard memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, jadi pilih yang paling nyaman untuk kamu gunakan.

Manfaatkan Secara Penuh Fitur Prediksi Kata dan Koreksi Otomatis

droid-life.com

Jika sudah menetapkan pilihan, kamu dapat mulai melakukan personalisasi, contohnya seperti mengganti tema. Kemudian untuk meningkatkan kecepatan dalam mengetik, maka kamu harus mengotak-ngatik pengaturan keyboard untuk mengetahui fitur-fitur unggulan tersembunyi seperti prediksi kata dan koreksi otomatis.

Kedua fitur tersebut harus kamu manfaatkan semaksimal mungkin untuk bisa mempercepat dan mempermudah kamu dalam proses pengetikan.

Unduh Bahasa

bacandroids.blogspot.com

Supaya bisa secara maksimal dalam memanfaatkan fitur prediksi kata dan koreksi otomatif, kamu bisa mengunduh bahasa di menu settingan keyboard. Adapun bahasa yang digunakan tidak usah banyak-banyak, gunakan dua bahasa saja sudah cukup, yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Gunakan Input Flow dan Voice Typing

idownloadblog.com

Hal yang harus kamu kuasai selanjutnya adalah fitur Input Flow, cara kerja fitur ini cukup mudah. Kamu tinggal geser antara huruf yang satu dengan yang lainnya untuk mengetikan kata. Awalnya memang cukup susah, namun kalau sudah terbiasa akan sangat mudah.

Sedangkan untuk fitur Voice Typing sendiri, kamu dapat mengetik dengan menggunakan suara. Caranya adalah kamu tinggal sentuh logo microphone pada smartphone, kemudian kamu sudah bisa berbicara. Namun ada kekurangan dari fitur ini, karena terkadang akurasinya masih kurang sehingga hasilnya jadi kurang maksimal.

Gunakan Dua Jempol

bewinchester.wordpress.com

Smartphone model dulu memiliki ukuran mini dengan lebar layar sekitar 3-4 inci. Hal ini membuat kamu memungkinkan untuk mengetik hanya dengan satu tangan.

Namun untuk model smartphone canggih zaman sekarang, layar smartphone semakin besar hinnga bisa mencapai 6-7 inci. Hal ini tentu membuat kamu bisa mengetik lebih cepat dengan dua jempol.

Gunakan Kamus

droid-life.com

Kamus yang dimaksud dalam tulisan ini adalah sebuah shortcut kata. Contohnya seperti kata yang sering kamu gunakan atau kata umum yang berulang. Contohnya ketik ‘dlm’, otomatis kata yang muncul adalah ‘dalam’.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur ini untuk mengetik cepat alamat rumah atau email. Dengan menggunakan shortcut kata, tentu kamu akan bisa mengetik lebih cepat dan mudah.

Cadangkan & Sinkron

satujam.com

Semakin lama kamu gunakan, maka keyboard akan semakin pintar dalam mempelajari kata-kata yang sering kamu ketik. Nah, jangan lupa untuk backup serta sinkronisasi dengan masuk ke akun Google kamu. Jadi, saat kamu ganti perangkat maka kamu akan langsung terbiasa sehingga mengetik bisa lebih cepat.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat serta mempermudah kamu dalam mengetik di keyboard smartphone kamu. Di artikel lainnya kamu juga bisa mengetahui smartphone tercepat yang pernah ada. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

Satu pemikiran pada “Ingin Mengetik Lebih Cepat dan Mudah di Smartphone Android? 7 Trik dan Tips Jitu Ini Bisa Kamu Coba”

  1. Terimakasih atas ulasannya mengenai aplikasi keyboard terbaik untuk perangkat android diatas, sangat mudah digunakan bagi pengguna. salam kenal.

    Balas

Tinggalkan komentar