Laptop Anda Terkena Virus? Ini Dia 6 Cara Menghapus Virus pada Laptop

Seringnya laptop kita digunakan untuk berselancar didunia maya hingga membuat mudah sekali terkena virus. Hingga membuat kita susah mengakses restore, hidden file, bahkan hingga tidak bisa di shutdown.  Lalu gimana caranya untuk menghapus virus tersebut?

Berikut beberapa tips dan trik cara menghapus virus di laptop Anda.

  1. Yang pertama perlu kamu lakukan adalah Meng-install sebuah program antivirus. Saat ini ada banyak sekali antivirus yang bisa kamu pilih satu untuk melindungi laptopmu dari virus.
  2. Kamu juga bisa menggunakan Command Windows, yaitu dengan cara mematikan virus yang ada di memori. Untuk menampilkan Windows Task Manager caranya adalah dengan menekan tombol ‘Ctrl+Alt+Del’ Setelah Windows Task Manager terbuka, kamu bisa masuk ke bagian Processes, kemudian  kamu klik User Name untuk mengurutkan file yang diproses pada memori. Setelah itu, lihat apakah ada bagian yang mencurigakan atau tidak.
  3. Lalu kamu bisa mematikan dahulu startup yang akan otomatis ter-loading. biasanya berupa ‘EXE file’ Loading virus ke memori. Hal itu agar virus tidak menyebar ke memori.
  4. Kemudian nonaktifkan virus di startup. Untuk menon-aktifkan virus agar tidak ter-loading ke memori ini, kamu harus menghentikannya di startup.dengan cara menggunakan perintah ‘msconfig’ dengan cara klik menu Stаrt klik Run dan klik msconfig. Atau kamu juga bisa dengan cara menekan Windows+R. Setelah itu akan tampil System Configuration Utility. Kamu bisa pilih Disable AƖƖ .
  5. Lalu Carilah dengan menggunakan fasilitas search di perangkat Windows caranya dengan klik menu Stаrt lalu klik Search, lalu carilah file ‘EXE’ virus yang sebelumnya loading di memori atau startup. Nah, setelah ditemukan file file yang terkena virus maka klik delete atau hapus file tersebut.
  6. Dan terakhir menghapus virus dari System Registry kamu. Caranya dengan kamu masuk ke Stаrt lalu klik Rυn kemudian klik regedit. Setelah itu ke menu Edit pilihlah Find atau tekan Ctrl + F agar lebih mudah. Lalu kemudian masukkan nama file virus yang ingin kamu hapus. pastikan kamu menghapus semuanya sampai bersih.

Semoga langkah langkah diatas tentang cara menghapus virus bisa membantumu, selamat mencoba semoga berhasil.

Tinggalkan komentar