Windows 10 Boros Kuota? Begini 6 Cara Menghemat Kuota Internet Pada Windows 10

Untuk komputer atau PC, semua konsumen menginginkan operating system (OS) terbaik dan terkini untuk menunjang aktivitas. OS yang seperti itu, pasti juaranya dan pilihan utama konsumen adalah Windows 10 dari microsoft.

Kalau bicara kelebihan windows 10, mungkin nggak ada abisnya. Tapi ada sedikit ketidaknyamanan dari pengguna windows 10 di Indonesia yang mengeluhkan tentang besarnya penggunaan data internet di OS tersebut.

Padahal kuota internet bagi banyak orang Indonesia dianggap masih mahal dan aksesnya kurang cepat. Sehingga bagi yang punya limit terhadap penggunaan kuota internet, pasti akan mangkel dengan penggunaan internet pada windows 10.

Ada beberapa hal yang menyebabkan windows 10 menjadi boros kuota internet, seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, alasan windows 10 boros kuota.

Nah, sekarang giliran cara bagaimana mengatasi kuota internet yang boros pada windows 10. Berikut uraiannya yang disadur dari winpoin.com.

Menonaktifkan Automatic Update Pada Windows 10

winpoin.com

Inilah perkara yang paling banyak dikeluhkan dan paling signifikan menghabiskan kuota. Ada beberapa cara untuk menonaktifkan automatic update pada windows 10

Yang pertama khusus bagi pengguna windows 10 pro, yakni dengan opsi defer upgrade. Opsi ini akan meminta windows agar tidak mendownload dan menginstall update dalam jangka waktu hingga maksimal 8 bulan.

Caranya untuk mengaktifkan Defer Upgrade, buka Windows Update > Advanced Options. Selanjutnya centang aja pilihan Defer Upgrade.

Cara kedua untuk semua versi windows 10, yakni dengan langsung mematikan total windows update, termasuk juga update untuk patch security.

Jadi ketika kamu dapat internet lancar dan melimpah langsung dihidupkan kembali dan update windowsnya sekaligus dalam sekali waktu.

CCara mematikan windows update adalah dengan mematikan services-nya, langsung saja buka Services. Lalu cari Windows Update > Klik kanan > Properties.

Langkah terakhir langsung saja Stop Windows Update Services tersebut dan ubah opsi Startup type ke Disabled.

Cara yang ketiga juga khusus bagi pengguna windows 10 pro, yakni dengan mengakses fitur Group Policy. Carannya Cukup buka Run dengan Win + R > ketikkan gpedit.msc > Enter.

Arahkan ke Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Update.

Lalu klik kanan Configure Automatic Update > Edit. Terakhir pilih opsi Enabled dan ubah automatic updating configuration ke Notify for download and notify for install > OK dan Apply.

Dengan cara ini, ketika ada pembaharuan windows, maka komputer tidak langsung mendonwload. Tapi akan ada pemberitahuan terlebih dahulu apakah kita akan mengupdate atau tidak.


Menonaktifkan Sinkronisasi Pengaturan.

winpoin.com

Fitur ini dalam windows dinamakan sync setting. Fungsi utama fitur ini adalah membuat backup pengaturan ke server internet.

Nah, backup ini akan mensinkronkan setting windowsmu pada komputer windows yang lain. Atau saat kamu melakukan instal ulang, sinkronisasi juga akan mengembalikan pada setting Windows 10 semula.

Bagi kamu yang merasa tidak perlu melakukan sinkronisasi setting, tentu akan menyayangkan kuota yang terpakai karena fitur ini. Mungkin bagusnya untuk dinonaktifkan saja.

Untuk mematikan sinkronisasi itu yakni dengan membuka buka Sync your settings > lalu matikan Sync settings.


Menonaktifkan Automatic App Updates

winpoin.com

Salah satu yang memakan banyak kuota adalah update aplikasi pada windows 10. Yang bikin sebel, kadangkala aplikasi ini update sendiri tanpa sepengetahuan kita.

Untuk mematikan Automatic App Updates, cukup buka Windows Store > Settings > dan matikan Update Apps Automatically.


Menonaktifkan Sinkronisasi OneDrive

winpoin.com

Menyimpan data, membuka data, upload, download file pada OneDrive jika dilakukan sering pastinya akan menguras data internetmu.

Bagi kamu yang tidak terlalu mementingkan backup data ke cloud storage, kamu bisa mematikan sinkronisasi one drive. Caranya dengan menghilangkan centang di Choose Folders > Choose Folders > hilangkan Sync all files and folders in my OneDrive.


Mengaktifkan Metered Connection

winpoin.com

Bagi kamu yang ingin tetap tersambung dengan windows update, namun hanya ingin mendownload ‘updetan’ yang penting-penting saja, kamu bisa mengaktifkan menu ini.

Windows akan menjaga agar penggunaan data bisa ditekan seminimal mungkin. Yakni yang dengan memilih update yang prioritas saja. Update otomatis dari Store juga akan di pause, start screen tiles juga akan tidak terupdate.


Menonaktifkan Peer-to-Peer Update

winpoin.com

Fitur Windows Update Delivery Optimization (WUDP) dengan sistem Peer-to-Peer, membuat pengguna Windows 10 saling berbagi file update windows yang sudah terdownload di PC.

Bagi orang yang menggunakan koneksi internet dengan kuota, hampir dipastikan kuota kamu akan berkurang tanpa disadari, sebab fitur WUDP ini dijalankan secara default.

Untuk mematikannya tinggal ketikkan saja Windows Update di Search Box Cortana > pilih Advanced Windows Update Options > Choose how updates are delivered > matikan Updates from more than one place.


Tinggalkan komentar