Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Bau tak sedap pada badan disebabkan oleh bakteri dan keringat. Walaupun sebenarnya keringat tidak berbau, tetapi hadirnya keringat membantu memperbanyak jumlah bakteri pada tubuh kita. Keringat biasanya muncul setelah manusia beraktivitas, terutama aktivitas berat.

Disadari atau tidak, bau badan dapat mengurangi rasa percaya diri dalam bergaul. Orang yang bau badan biasanya akan minder saat berdekatan dengan orang lain, walaupun telah memakai parfum, tapi terkadang bau badannya tetap tercium. Jika Anda termasuk orang yang memiliki bau badan tak sedap, ikutilah beberapa cara alami berikut ini untuk menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

1. Mandi Secara Teratur

Bau badan bisa terjadi jika pola hidup tidak teratur, di antaranya karena jarang mandi. Maka dari itu jika Anda ingin terbebas dari bau badan, mandilah secara teratur 3 kali sehari.

2. Mandi dengan Air Rebusan Daun Sirih

Daun sirih memang memiliki banyak manfaat, termasuk untuk menghilangkan bau badan. Caranya, Sediakan kurang lebih 30 lembar / secukupnya daun sirih. Campur dengan air secukupnya. Kemudian panaskan hingga airnya benar-benar mendidih. Setelah itu campur air rebusan sirih tersebut dengan air dingin agar air rebusan tersebut tidak terlalu panas. Mandilah dengan air rebusan daun sirih tersebut. Lakukan cara ini secara rutin

3. Minum Air Rebusan Daun Sirih

Selain dengan cara dimandikan, daun sirih juga bisa diminum agar hasilnya lebih optimal. Cara pemakaiannya mudah. Anda hanya perlu menyediakan beberapa lembar daun sirih, kemudian rendam dengan 1 gelas air putih. Tunggu hingga air rendaman daun sirih tersebut dingin, lalu minumlah. Agar lebih enak, Anda dapat menambahkan gula putih.

4. Jeruk Nipis

Ambil 1 buah jeruk kemudian otong dan ambil airnya. Setelah itu campurkan air jeruk nipis tersebut dengan daun sirih dan kapur. Selanjutnya anda oleskan pada bagian tubuh yang dipercaya sebagai sumber bau badan seperti ketiak.

5. Cengkih

Cengkih juga dapat Anda gunakan untuk mengusir bau badan. Caranya, ambilah beberapa kuntum buah cengkih kemudian rendam dengan air hingga buah cengkih tersebut mengembang. Setelah itu airnya diminum. Anda dapat menambahkan gula agar rasanya lebih enak. Atau dengan cara lain, Anda dapat mengoleskan air rendaman cengkih pada ketiak.

6. Ketimun

Sediakan 1 buah mentimun, kemudian kupas mentimun tersebut. Setelah itu gosok-gosokan buah mentimun tersebut pada bagian badan yang berbau setiap kali Anda selesai mandi.

7. Daun Kemangi

Daun kemangi sering kita temui di pasar atau di rumah makan. Biasanya kemangi dijadikan urab atau lalap sebagai pendamping makan nasi. Konsumsilah daun kemangi secara rutin pada pagi dan sore hari maka anda akan terhindar dari bau badan.

8. Jahe

Jahe sering dijadikan sebagai bahan minuman hangat ataupun dijadikan sebagai pengganti minyak pijat. Ternyata jahe juga dapat mengatasi bau badan. Minumlah wedang jahe secara teratur agar terhindar dari bau badan. Atau dengan cara lain, gosok-gosokkan parutan jahe agar Anda terhindar dari bau badan.

9. Kecombrang

Kecombrang (honje/kantan) memiliki rasa yang asam. Biasanya diambil daun mudanya atau buahnya sebagai bahan untuk membuat rujak, terutama rujak 7 bulanan. Anda dapat menggunakannya untuk mengatasi bau badan. Caranya dengan mengkonsumsi keceombrang. Atau cara lain, tumbuk kecombrang lalu digosokan di daerah yang menjadi sumber bau badan seperti ketiak.

10. Daun Beluntas

Beluntas merupakan tumbuhan semak yang bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu lembut. Umumnya tumbuhan ini ditanam sebagai tanaman pagar atau bahkan tumbuh liar, tingginya bisa mencapai 3 meter apabila tidak dipangkas, sehingga seringkali ditanam sebagai pagar pekarangan. Ternyata beluntas juga bermanfaat dalam mengatasi bau badan. Caranya dengan mengkonsumsinya sebagai lalapan. Anda juga dapat memasaknya terlebih dahulu.

11. Gunakan Pakaian Yang Tepat

Gunakanlah pakaian yang nyaman agar tubuh Anda bisa bernafas. Bahan pakaian yang nyaman misalnya pakaian yang berbahan katun. Bahan ini dapat membuat keringat menguap secara alami. Hindari penggunaan pakaian sempit dengan bahan fiber sintetis atau polyester, khususnya di daerah ketiak.

Demikian beberapa cara sederhana untuk mengatasi bau badan. Mengutip kata seorang bijak, semua yang berharga selalu dalam keadaan bersih, karena kekotoran menjadikan nilainya menurun drastis. Tubuh yang bersih menjauhkan diri Anda dari bau badan tak sedap. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar