Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Luka bakar meninggalkan bekas kehitaman pada kulit. Untuk menghilangkan bekas luka tersebut anda dapat menggunakan cara-cara alami. Beberapa bahan alami ini juga dapat menghilangkan bekas luka lama, meskipun hasilnya tidak instan karena memerlukan proses dan waktu.

1. Lidah Buaya
Caranya, oleskan gel lidah buaya pada bekas luka. Cobalah untuk menerapkan cara ini 2-3 kali dalam sehari. Bahan alami ini dapat merangsang tumbuhnya sel kulit baru karena mengandung asam amino dan ligmin yang cukup banyak.

2. Madu
Caranya, oleskan madu kemudian diamkan selama 15-20 menit. Cara ini dapat anda terapkan kapan saja, bahkan saat malam hari ketika hendak tidur juga bisa. Madu dipakai untuk mengobati bekas luka karena mampu meregenerasi kulit kita, sehingga dapat mempercepat proses pemudaran bekas luka.

3. Minyak Zaitun
Caranya, oleskan minyak zaitun pada bekas luka dikulit Anda. Jika ingin lebih efektif lakukan juga pemijatan agar kandungan minyak zaitun dapat meresap.

4. Buah Mentimun
Caranya, haluskan terlebih dulu buah mentimun kemudian balurkan pada bekas luka di kulit. Terapkan cara ini pada malam hari saat hendak tidur dan biarkan sampai pagi hari. Gunakan perban agar mentimun tidak berceceran.

5. Mengkudu
Caranya, balurkan mengkudu yang sudah diblender. Setelah itu diamkan selama 15-20 menit dikulit Anda. Langkah terakhir, bersihkan menggunakan air.

6. Daun Mint
Caranya, tumbuk 5-6 lembar daun mint kemudian oleskan pada bekas luka di kulit. Diamkan beberapa saat sampai mengering kemudian bersihkan menggunakan air. Sisa bahan dapat anda simpan di kulkas untuk pemakaian berikutnya.

7. Jeruk Nipis
Caranya, gosokkan irisan jeruk nipis pada bekas luka kemudian bilas menggunakan air hangat. Terkadang cara ini memberikan rasa pedih, meskipun demikian apabila dilakukan secara rutin maka dapat menghilangkan bekas luka.

8. Minyak Lavender, Minyak Biji Rami, Ekstrak Biji Anggur, dan Vitamin E.
Beberapa bahan tersebut dapat memudarkan bekas luka lama di kulit meskipun memerlukan waktu yang cukup lama. Anda dapat menggunakan produk penghilang bekas luka yang kini sudah banyak dijual karena produk tersebut biasanya mengandung beberapa bahan alami tersebut.

Tidak ada proses instan dalam menghilangkan atau memudarkan bekas luka bakar maupun luka lama. Bahkan cara modern seperti operasi dan penggunaan laser pun memerlukan waktu yang cukup lama. Lakukanlah metode-metode sederhana di atas secara rutin. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan komentar