Menghilangkan Jerawat

Siapapun tentu akrab dengan jerawat. Terutama bagi Anda yang sedang mengalami masa pubertas. Selain menimbulkan rasa sakit, kemunculan jerawat juga mengganggu penampilan. Saat ini sudah banyak sekali produk-produk anti jerawat yang beredar di pasaran. Namun, tidak semua produk cocok diaplikasikan pada kulit Anda. Jika Anda sudah mencoba berbagai macam produk namun jerawat tak kunjung hilang, cobalah beralih pada cara-cara cara alami. Selain lebih aman, Anda juga tidak perlu keluar banyak uang. Ingin tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami? Ini dia caranya.

1. Lidah Buaya

Agar jerawat Anda hilang, cobalah gunakan lidah buaya. Caranya juga mudah yaitu kelupas kulit lidah buaya terlebih dahulu lalu ambil gelnya. Gel inilah yang dapat digunakan sebagai masker. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

2. Bawang Putih

Selain untuk menambah cita rasa masakan, bawang putih juga dipercaya dapat menghilangkan jerawat. Cara pemakaiannya cukup dengan mengiris beberapa siung bawang putih, lalu mengoleskannya pada bagian yang terdapat jerawat. Diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 10-15 menit. Selanjutnya bilas hingga bersih dengan menggunakan air bersih.

3. Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang memiliki banyak khasiat bagi tubuh, termasuk untuk menghilangkan jerawat. Untuk penggunaannya, potong beberapa jeruk nipis, lalu peras airnya sampai cukup banyak. Oleskan air jeruk nipis ini pada bagian yang berjerawat. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih. Namun, berhati-hatilah karena air jeruk nipis akan terasa perih pada kulit.

4. Putih Telur

Cobalah gunakan putih telur untuk menghilangkan jerawat. Tetapi jika Anda jijik, sebaiknya jangan lakukan cara yang satu ini, Jika ingin menggunakan putih telur sebagai obat jerawat Anda pertama-tama pecahkan beberapa telur terlebih dahulu dengan memisahkan kuning dan putih telurnya. Ambil putih telur lalu kocok-kocok sebentar. Oleskan putih telur yang sudah dikocok pada jerawat Anda. Seperti biasa, diamkan kira – kira 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih.

5. Mentimun

Ada dua cara penggunaan mentimun pada jerawat. Jika jerawat masih sedikit jumlahnya, cukup iris mentimun menjadi beberapa bagian tipis lalu tempelkan pada bagian yang berjerawat. Diamkan sekitar 20-30 menit dan bersihkan dengan air bersih setelah itu.

Jika jerawat sudah banyak jumlahnya, cuci bersih terlebih dahulu mentimun yang sudah Anda siapkan. Kemudian, parut atau blender mentimun hingga halus. Jadikan mentimun yang sudah halus sebagai masker. Diamkan selama 20-30 menit lalu cuci bersih masker mentimun tersebut dengan air.

6. Air Putih

70% tubuh kita terdiri dari air. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi air putih. Air putih dapat melembabkan kulit wajah, sehingga jerawat tidak akan menyebar.

Selain cara-cara di atas, ingatlah selalu untuk tidur yang cukup karena salah satu penyebab jerawat adalah stress dan kurang tidur. Jika Anda cukup tidur, maka maka metabolisme tubuh teratur, sehingga jerawat akan pudar. jangan lupa juga untuk membersihkan wajah secara teratur agar kuman penyebab jerawat mati terbunuh.

Sebaiknya, Anda tidak memecahkan jerawat. Jika Anda memecahkan jerawat di saat belum waktunya pecah hal ini justru akan membuat jerawat menyebar ke bagian lain dan bekasnya pun sulit untuk dihilangkan.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar