Tips Mujarab untuk Menghilangkan Kantuk Sehabis Begadang

Resiko yang buruk dari begadang sudah diketahui oleh banyak orang, tetapi mereka tetap tak mengindahkannya. Padahal, kebiasaan ini akan sangat mengganggu sekali aktivitas yang akan kamu jalani di keesokan harinya.

Apalagi kalau akhir minggu sudah tiba, orang yang memilih untuk tidur lebih larut pun semakin meningkat. Karena mereka menganggap bahwa esok adalah hari libur, maka bebas untuk bangun siang. Padahal, bangun lebih siang itu justru membuatmu menjadi tidak produktif sama sekali.

Untuk dilakukan sesekali, begadang masih bisa dimaklumi lah. Barangkali kamu punya tugas mendesak yang harus dikumpulkan esok harinya dan mengharuskanmu untuk tidur larut malam, maka itu bukan masalah.

Asalkan tak dilakukan sering-sering bahkan setiap hari, aktivitas begadang ini tak begitu mengganggu kesehatanmu. Hanya saja, kamu akan merasakan resiko mengantuk di ketika bangun dari tidur di keesokan paginya.

Nah, untuk mengatasi kantuk yang melanda itu, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini. Jadi, aktivitasmu yang padat pun tak akan begitu terganggu lagi. Karena badanmu akan merasa bugar seperti hari-hari biasanya saat tidak begadang.

Olahraga Ringan di Atas Kasur

www.fitnessmagazine.com

Jika kiranya alarmmu telah berbunyi, maka segeralah membuka mata supaya tidak terlelap lagi. Jangan malah mematikan alarm dan kembali tidur karena merasa masih ngantuk. Bisa-bisa kamu akan terlambat pergi sekolah atau kerja nantinya.

Jika mata sudah terbuka dan dirimu merasa sudah cukup “sadar”, tetaplah berbaring di atas kasur, kemudian lakukan beberapa gerakan ringan, seperti mengangkat kaki secara bergantian untuk melemaskan otot-otot kakimu.

Kemudian, kamu juga bisa olahraga tangan untuk melemaskan otot tanganmu yang juga ikut istirahat semalaman. Dengan begini, kamu bisa merasa lebih segar dan bugar untuk segera bangun dari tempat tidur dan mulai menjalani aktivitas.

Bukalah Jendela Kamarmu

www.flickr.com

Setelah selesai melakukan olahraga ringan di atas kasur, berdirilah dan buka tirai serta jendela kamarmu. Udara pagi hari yang masih bersih akan membuat semangatmu untuk beraktivitas menggelora.

Selain itu, matahari yang masuk ke dalam kamar pun bisa membantu menghangatkan tubuhmu. Maka, tubuhmu pun akan merasa segar dan rasa kantuk pun secara perlahan akan menghilang.

Mandi Menggunakan Air Dingin

www.wallpapersxl.com

Setelah membuka jendela kamar, minumlah dua gelas air putih sebelum dilanjutkan dengan mandi pagi. Usahakan mandi dengan menggunakan air dingin ketimbang air hangat. Bukan hanya lebih menyegarkan dan membuat matamu lebih terbuka lagi, air dingin memiliki manfaat lain lho.

Mandi dengan air dingin ini pun mampu menstimulasi adrenalin dan menyiapkan syaraf-syaraf di seluruh tubuhmu untuk segera beraktivitas.

Jangan Langsung Makan Berat

www.foodnavigator.com

Makanan berat yang mengandung karbohidrat seperti nasi putih atau pun mie bisa membuat dirimu lebih mudah lelah. Karena, organ tubuhmu akan bekerja dengan lebih keras untuk dapat mencerna mereka dengan baik.

Nah, untuk mengisi perutmu, lebih baik konsumsi saja makanan yang lebih ringan, seperti roti, oatmeal atau buah-buahan. Justru dengan makanan yang kandungan karbohidratnya lebih rendah ini, energi di dalam tubuhmu akan terjaga dengan baik dan tidak cepat terbuang.

Jangan Mengeluh

intisari-online.com

Nah, untuk yang terakhir niih, supaya kamu tidak merasa ngantuk, lemas dan tidak bertenaga dan tidak bergairah, janganlah memulai harimu dengan mengeluh. Karena dengan mengeluh, mood baikmu untuk hari ini bisa hilang dan berubah buruk.

Jadi, lebih baik untuk tersenyum dan menyemangati diri sendiri saja di pagi ini. Maka, kamu akan lebih merasa kuat dan memiliki tenaga untuk segera memulai aktivitas kembali.

Tinggalkan komentar