Menghilangkan Kapalan

Callus atau cullus adalah bahasa kedokteran untuk kulit kapalan. Kondisi ini merupakan penebalan yang terjadi pada bagian kulit. Biasanya gangguan kulit ini menyerang bagian tangan dan dan telapak kaki. Penebalan kulit ini sebenarnya terjadi sebagai respon alamiah tubuh untuk menghadapi gesekan dan penekanan yang terjadi secara berulang-ulang agar tidak timbul luka pada kulit yang tertekan atau tergesek.

Sebenarnya, kondisi ini tidak berbahaya bagi kesehatan karena merupakan bentuk pertahanan tubuh dari luka. Namun, sewaktu-waktu, kapalan dapat menimbulkan rasa rasa nyeri dan mengurangi penampilan. Jika tidak diobati dengan baik, kapalan mungkin saja berubah menjadi luka atau borok. Untuk mengatasi kapalan yang timbul dibagian kulit tubuh, berikut adalah cara-cara yang dapat Anda coba.

Cara Mengatasi Kapalan

Hal pertama yang seharusnya dilakukan adalah mencegah kapalan itu sendiri. Hindari kapalan dengan membatasi aktifitas-aktifitas yang mampu memicu penebalan kulit seperti mengendarai motor yang intens, menggunakan sepatu setiap hari dan seharian penuh dan lain-lain. Selanjutnya, ikuti cara-cara berikut.

1. Rendam kaki dengan air hangat

Lakukan hal ini setelah mandi selama kurang lebih 20 menit. Saat direndam, gosok-gosok pula area kapalan dengan menggunakan batu apung.

2. Tidak diperkenankan menggunting kapalan

Mungkin tangan Anda gatal melihat kulit yang menebal sehingga mengambil gunting untuk menghilangkannya. Namun, cara tersebut sangat tidak disarankan. Gunting atau benda tajam yang Anda gunakan belum tentu steril. Alih-alih kapalan hilang, Anda dapat terkena infeksi akibat alat-alat tersebut.

2. Gunakan pelembap

Kulit yang kering dapat memperparah kondisi kapalan. Oleh karena itu, oleskan saja pelembab pada bagian tangan atau kaki yang sering melakukan aktifitas yang dapat menimbulkan tekanan atau gesekan. Sebaikany gunakan cairan yang mengandung asam salisilat (callusol). Anda bisa mengaplikasikan cairan dengan menggunakan kasa. Lakukan secara rutin dan ganti kasa 2 kali sehari.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar