Menghilangkan Kebiasaan Menggigit Kuku

Istilah medis untuk kebiasaan menggigiti kuku adalah onychophagia. Kebiasaan menggigiti kuku tidak hanya sering dilakukan oleh anak kecil. Beberapa orang dewasa terkadang juga masih melakukannya. Menggigiti kuku merupakan kebiasaan kompulsif yang dialami oleh seseorang saat ia merasa stres atau bosan. Kebiasaan ini dapat membahayakan kesehatan karena kutikula kuku yang rusak akan menggangu kesehatan kuku jari. Jika Anda termasuk orang yang sering melakukan kebiasaan ini, berikut adalah cara paling mudah untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

1. Gosokkan Bawang Putih Pada Kuku

Aroma khas bawang akan membuat siapapun enggan menggigiti kukunya. Oleh sebab itu, gosokkan bawang putih di kuku Anda. Hal ini juga berguna untuk memperkuat kuku dan mencegah infeksi sebab bawang putih adalah antiseptik alami.

2. Oleskan Jus Pare

Pare memiliki rasa yang pahit. Dengan demikian, Anda akan menghentikan kebiasaan menggigiti kuku. Oleskan jus pare atau air dari pare pada kuku.

3. Potong Kuku

Kuku yang panjang membuat Anda tergoda untuk menggigitinya. Sebaiknya, potong kuku Anda seminggu sekali sehingga kuku Anda tetap terjaga pendek.

4. Gunakan Kuteks

Oleskan kuteks atau pewarna kuku pada kuku untuk mencegah Anda menggigiti kuku. Kandungan bahan kimia dan rasa pahitnya pasti akan membuat Anda enggan untuk meneruskan kebiasaan buruk ini. Lagipula, Anda tentu tidak mau menggigiti kuku cantik Anda.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar