Menghilangkan Keloid

Luka dapat berasal dari mana saja. Mungkin ketika Anda di dapur atau saat memperbaiki sesuatu itu, kulit Anda tergores benda tajam. Parahnya, jika bekas luka Anda tidak kunjung hilang dan timbul menonjol. Luka yang menonjol ini disebut dengan keloid. Keloid merupakan pertumbuhan jaringan parut yang muncul berlebihan setelah kulit sembuh dari luka.

Tubuh manusia memiliki kemampuan untuk menyembuhkan sendiri kulit yang terluka. Jika proses penyembuhan sudah selesai, muncul jaringan parut yang terbentuk. Namun ada juga jaringan parut yang tumbuh secara berlebihan. Inilah yang kemudian dinamakan dengan keloid. Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya keloid, misalnya luka bakar, luka goresan, luka bekas operasi, bekas jerawat, atau luka akibat tindikan.

Untuk mencegah keloid, sebaiknya memang Anda harus menghindari luka dan berhati-hati dalam melakukan hal apapun. Namun jika Anda terlanjur memiliki kelod, ada beberapa cara menghilangkan keloid secara alami. Berikut ulasannya.

Cara Menghilangkan Keloid

Lemon

Lemon memang sangat baik untuk membantu kesehatan kulit, termasuk untuk menghilangkan keloid. Caranya, gunakan beberapa tetes jus lemon segar dan gosokan di atas bekas luka selama dua kali sehari. Perawatan ini akan membuat lapisan atas sel kulit menjadi lebih cerah dan bekas luka pun menjadi samar-samar.

Mentimun

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada mentimun baik untuk menghilangkan keloid. Selain itu, mentimun juga memiliki kandungan silika yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kolagen sehingga bisa mencegah keriput. Untuk menghilangkan keloid dengan menggunakan menitun, Anda hanya perlu menghaluskannya dengan blender. Setelah halus, oleskan mentimun pada kulit yang terdapat keloid setiap sebelum tidur. Diamkan semalam penuh. Lakukan cara ini setiap hari agar keloid menghilang.

Sari Bawang Merah

Bawang merah bisa mengurangi pembentukan bekas luka, termasuk luka yang menjadi keloid. Caranya, potong kotak bawang merah. Letakkan potongan tersebut pada kain katun tipis dan ikat simpul. Peras hingga ekstrak bawang merah tersebut keluar. Gunakan kapas untuk mengoleskan sari bawang merah tersebut pada keloid beberapa kali dalam sehari.

Madu

Selain rasanya manis, madu memiliki kandungan yang bisa meregenerasi sel rusak ataupun mati. Anda bisa mengoleskan madu alami pada kulit yang terdapat keloid secara merata. Lalu diamkan selama 20 hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air. Anda dapat melakukan cara ini setiap hari.

Demikian beberapa cara untuk menghilangkan keloid. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar