Menghilangkan Kutu Rambut

Kutu merupakan binatang penghisap darah dan sangat cepat berkembang biak. Selain kepala terasa gatal dan panas, sering kali kita menggaruknya hingga kulit kepala. Hal yang lebih memalukan lagi adalah ketika kita menggaruk-garuk kepala di tempat umum. Untuk membasminya kita harus tahu senjata-senjata yang ampuh untuk memerangi kutu-kutu tersebut

Berikut ini adalah cara-cara untuk membasmi kutu rambut

Bawang Merah
Bawang merah memiliki aroma yang sangat menyengat, bahkan jika didekatkan ke mata dapat mengeluarkan air mata. Kutu rambut tidak akan tahan terhadap aroma bawang merah yang sangat menyengat. Memang, rambut akan menjadi bau bawang, Anda dapat menghilangkan aroma bawang dengan pemakaian shampoo.
Cara penggunaannya :
Ambillah 5-6 siung bawang merah lalu haluskan sampai benar-benar halus.
Oleskan pada pangkal rambut hingga ujung rambut Anda.
Pijat-pijatlah kulit kepala Anda agar dapat lebih meresap dan khasiatnya dapat cepat terasa.

Minyak Kelapa
Minyak kelapa akan membuat kutu rambut menjadi dehidrasi. Kutu akan merasa kehausan dan mati. Sebaiknya gunakan minyak kelapa di malam hari agar tak menggangu aktivitas Anda.
Cara penggunaannya:
Oleskan minyak kelapa dari pangkal hingga ke ujung rambut.
Lalu tutup kepala anda dengan plastik topi mandi, biarkan selama 5-6 jam
Bilas rambut anda dengan shampo.
Lakukanlah selama seminggu berturut-turut.

Cuka Putih
Cuka putih mampu mensterilkan kulit kepala Anda dari telur-telur kutu rambut yang masih tersisa di kulit kepala. Cuka putih mempunyai kandungan zat yang dapat menggagalkan penetesan telur kutu rambut.
Cara penggunaannya:
Oleskan cuka putih dari pangkal hingga ujung rambut anda
Biarkan sampai 2 jam.
Bilas rambut anda dengan air bersih dan sampo.
Lakukan minimal 3 kali untuk memastikan tak ada lagi telur kutu rambut yang menetas.

Sisir Kutu Rambut
Sisir kutu rambut memiliki gigi yang sangat rapat, sehingga bisa menjaring kutu rambut bahkan sampai ke anak-anaknya. Jika ingin memakai cara ini, Anda harus sering-sering menggunakannya setiap hari karena sisir rambut tidak dapat membasmi kutu. Apabila rambut Anda kusut dan rontok atau kepala sakit karena pemakaian sisir rambut, maka siasatilah dengan menggunakan minyak kelapa pada rambut Anda terlebih dahulu sebelum menyisir rambut.

Kapur Ajaib
Kapur ajaib dapat mematikan syaraf-syaraf kutu rambut, lalu perlahan-lahan mereka akan berguguran. Tidak disarankan menggunakan kapur ajaib ini terlalu sering. Kapur memang biasanya digunakan untuk membunuh serangga.

Memangkas Rambut
Ini adalah cara termudah sekaligus terberat bagi Anda yang memiliki masalah dengan kutu rambut. Kutu rambut tidak akan memiliki lagi tempat berlindung jika tidak ada rambut di kepa Anda. Akan tetapi, kepala Anda akan terlihat plontos.

Selanjutnya, berikut adalah langkah-langkah agar kutu rambut tidak datang

1. Jangan tidur berdekatan dengan orang yang memiliki kutu rambut karena kutu rambut dapat meloncat.
2. Periksa keluarga anda, apakah masih ada yang memiliki kutu rambut. Jika masih ada yang memiliki kutu rambut, berarti Anda harus waspada. Sarankan kepada anggota keluarga Anda untuk segera mengambil salah satu cara membasmi kutu rambut di atas.
3. Jangan pernah menempatkan topi, jilbab, atau penutup kepala yang lain milik Anda di tempat yang sama dengan barang orang yang memiliki kutu sebab kutu dapat meloncat dengan mudah jika berdekatan.
4. Lakukan cara membasmi kutu rambut di atas secara berkala, seperti menggunakan minyak kelapa sebulan sekali. Ini diharapkan agar jika mulai ada lagi kutu rambut yang hidup bisa segera di atasi sebelum kutunya beranak dan bertambah banyak.

Demikian beberapa cara mengatasi kutu rambut beserta pencegahan kembalinya kutu rambut. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan komentar