Ngantuk di Jam Kuliah? 7 Cara ini Bisa Membuat Kantukmu Hilang Dalam Sekejap

Kantuk adalah salah satu hal yang wajar dialami manusia. Mengantuk yang paling jelas adalah tanda bahwa tubuh ingin di istirahatkan. Serangan kantuk bisa terjadi kapan saja, namun mengantuk ketika sedang melakukan kegiatan penting adalah hal yang tidak kamu harapkan bukan?

Salah satu serangan kantuk paling sering melanda adalah ketika kamu sedang belajar di sekolah maupun di kampus. Entah mengapa, ketika dosen atau guru mulai mengajar, rasa kantuk itu juga tiba-tiba datang menyerang. Belum ada penelitian tentang hubungan antara dosen/guru dengan rasa kantuk. Tapi beberapa hal dibawah ini bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kantuk kamu ketika di kelas.

 

Sediakan BON CABE

hargaproduk.com
hargaproduk.com

Ketika mendengar salah kata bon cabe, pasti kamu tahu apa yang langsung tersirat di pikiranmu. Rasa pedas memang terkenal bisa menghilangkan kantuk. Apalagi jika kamu memilih yang level 15, pasti mantab tuh rasanya. Bisa melek seharian.

Jepit Jemuran

lensamanual.net
lensamanual.net

Alternatif lain adalah jepit jemuran. Ketika kantuk tiba-tiba menyerang langsung jepit hidung kamu pakai jepit jemuran. Rasa sakitnya bisa membuat mata kamu kembali melek dan siap untuk menerima pelajaran. Bisa juga jepitan ini kamu pasangkan ke teman kamu, biar kelas ramai dan kamu tidak jadi mengantuk.

Kopi Instan

www.greenpeace.org.au
www.greenpeace.org.au

Kopi memang alternatif yang sudah teruji efeknya. Kafein yang ada dalam kopi bisa menghilangkan kantuk orang yang meminumnya. Paling praktis adalah minum kopi instan, ketika kantuk tiba-tiba datang kamu bisa sedikit demi sedikit menyeruput kopi instanmu agar kantuk segera hilang.

Siapkan Jajanan di Kolong Meja

2amdecember13th.blogspot.com
2amdecember13th.blogspot.com

Alternatif ini sebenarnya tidak dianjurkan, bisa-bisa ketika makan cemilan, guru kita akan marah. Meskipun begitu alternatif ini tidak ada salahnya dicoba. Ketika mulut mengunyah sesuatu, biasanya rasa kantuk juga akan ikut hilang. Sediakan cemilan di kolong meja, ketika rasa kantuk tiba, ambil dan makan cemilan sambil berhati-hati agar tidak ketahuan guru.

Permen

www.flickr.com
www.flickr.com

Hampir sama dengan cemilan dikolong meja. Fungsi permen adalah memberi efek mengunyah sehingga kantuk akan hilang. Selain itu rasa permen yang kuat juga bisa menghilangkan kantuk, contohnya mint atau kopi. Sediakan di kantong saku, dan kunyah ketika kantuk datang.

Cubit-Cubitan

taichungteachers.blogspot.com
taichungteachers.blogspot.com

Selain dengan jepitan, rasa sakit juga bisa ditimbulkan dengan cara lain. Yaitu cubit-cubitan, ya kegiatan ini cenderung akan membuat pipi kamu akan merasakan kesakitan. Jangan terlalu gaduh saat melakukanya, bisa-bisa nanti ditegur gurumu.

Tidur di Mushola

ruliamrullah.wordpress.com
ruliamrullah.wordpress.com

Alternatif ini paling pas untuk kamu yang mengantuk. Tidur adalah solusi terbaik bagi orang yang mengantuk. Salah satu tempat paling nyaman adalah mushola. Mushola biasanya tenang dan hawanya sejuk, cocok sekali untuk memulai mengistirahatkan badan. Tapi ingat ya, jangan sampai kamu telat masuk kelas!

Satu pemikiran pada “Ngantuk di Jam Kuliah? 7 Cara ini Bisa Membuat Kantukmu Hilang Dalam Sekejap”

Tinggalkan komentar